Sore Ini, Sekda Lantik Tiga Pejabat Eselon II, Ini Nama Ketiganya

Ketika ditanya siapa saja yang akan mengisi tiga pos jabatan eselon II itu, Dermawan menyatakan, "Lihat saja nanti sore, siapa ketiga orang yang akan.

Sore Ini, Sekda Lantik Tiga Pejabat Eselon II, Ini Nama Ketiganya
IST
Sekda Aceh, Dermawan, menerima dokumen pembangunan jalan Tol Trans Sumatera, Kamis (24/8/2017) 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sekda Aceh dijadwalkan akan melantik tiga pejabat eselon II Rabu sore ini (30/1/2019), sekitar pukul 17.00 WIB, di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh.

Ketiga pejabat eselon II yang akan dilantik itu adalah, Bustami Hamzah, sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, menggantikan pejabat lama Jamaluddin yang akan dilantik menjadi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.
Satu lagi, Suhaimi, akan dilantik menjadi Sekretaris DPRA, menggantikan A Hamid Zein, yang sudah memasuki masa pensiun pada Oktober 2018 lalu.

Baca: Viral Spanduk PSI soal LGBT, DPW Angkat Bicara hingga Beberkan Temuan Kesalahan

Baca: Mahendradatta Tegaskan Kliennya Ustaz Abu Baasyir Tak Pernah Terkait Kasus Pemboman di Indonesia

Baca: Dandim Simeulue Jadi Guru Dadakan di SMAN 1 Simeulue Timur, Ini Materi yang Diajarkan

Sekda Aceh Dermawan yang ditemui Serambi Rabu (30/1/2019) pada acara maulid di rumah pribadinya di Desa Kaye Adang Ie Masen mengatakan, dirinya mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, akan melantik tiganya sore ini.

Ketika ditanya siapa saja yang akan mengisi tiga pos jabatan eselon II itu, Dermawan menyatakan, "Lihat saja nanti sore, siapa ketiga orang yang akan saya lantik," ujarnya.

Terkait masalah pengisian jabatan Sekda Aceh yang akan ditinggalkannya dan berakhir pada 31 Januari 2019, Sekda Aceh Dermawan mengatakan hingga kemarin, dirinya belum mendapat kabar, siapa yang akan menggantikan dirinya, dari tiga orang calon Sekda yang sudah lulus tes fit and profer tes.

Nama ketiga calon Sekda Aceh, yaitu Asisten I M Jafar, Asisten II Taqwallah dan Asisten III Kamarauddin Andalah.

Dermawan menyebutkan ketiga calon Sekda itu sudah dikirim ke Sekneg. Namun kapan jadwal pertemuan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dengan Presiden Joko Widodo, yang menentukan pihak Sekneg.

"Sampai kemarin jadwal pertemuan konsultasi untuk penetapan satu dari tiga nama itu, belum ada, makanya saya tidak tahu kapan, orang pengganti dirinya untuk menjadi Sekda yang baru dilantik," ujarnya.

Biasanya, kata Dermawan, pertemuan pembahasan calon pejabat eselon I itu, tidak untuk satu orang, melainkan tiga orang paling sedikit.

Hal ini mengingat waktu lowong presiden, sangat sempit, makanya ditunggu ada tiga orang paling sedikit, baru jadwalnya sidang penetapannya diagendakan Sekneg.

Sekneg menunggu usulan pejabat eselon I lainnya dari berbagai daerah atau kelembagaan negara.

Kemungkinan akan terjadi pelaksana tugas Sekretaris Daerah, kata Dermawan, setelah dirinya pada Kamis ini (31/1), mengakhiri masa tugas, cukup besar.

Alasannya karena Sekda yang baru belum ada. Siapa yang akan menjadi Plt Sekda, kata Dermawan, itu menjadi kewenangannya Plt Gubernur Nova Iriansyah.

“Yang jelas, tidak dari tiga nama calon Sekda Aceh yang baru tersebut,” ujar Dermawan.(*)

Penulis: Herianto
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved