Pesawat Tempur Mirage 2000 Milik Angkatan Udara India Jatuh, Dua Pilot Tewas

Insiden terjadi saat pesawat sedang dalam tahap uji terbang di landasan pacu di Desa Yemalur, Bengaluru, sebelum diserahkan ke IAF.

Pesawat Tempur Mirage 2000 Milik Angkatan Udara India Jatuh, Dua Pilot Tewas
AFP PHOTOS/INDIAN AIR FORCE
Jet tempur Mirage 2000 milik Angkatan Udara India (IAF). 

SERAMBINEWS.COM, BENGALURU - Kecelakaan terjadi pada pesawat tempur milik Angkatan Udara India, Jumat (1/2/2019) pagi ini.

Dua pilot tewas dalam insiden jatuhnya jet Mirage 2000 tersebut. Angkatan Udara India (IAF) telah mengkonfirmasi dua pilot senior bernama Samme Abrol dan Siddarth Negi, tewas dalam insiden tersebut.

Jet tempur Mirage 2000, pesawat bermesin tunggal buatan Dassault Aviation itu sedang menjalani uji terbang setelah mendapat upgrade oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL).

Insiden terjadi saat pesawat sedang dalam tahap uji terbang di landasan pacu di Desa Yemalur, Bengaluru, sebelum diserahkan ke IAF.

Namun tak lama setelah lepas landas, jet tempur jatuh dan terbakar.

Diberitakan NDTV, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

Menurut IAF, kedua pilot sempat berusaha menyelamatkan diri menggunakan kursi pelontar, namun tidak berhasil karena pesawat yang dengan cepat terbakar.

Baca: Cara Selamatkan Diri di Menit-menit Terakhir Sebelum Pesawat Jatuh

Pilot pertama tewas di lokasi kejadian, sementara pilot kedua sempat dilarikan ke rumah sakit, namun tewas akibat luka yang dideritanya.

"Kedua penerbang mengalami luka-luka yang sangat fatal.. Investigasi atas penyebab kecelakaan kini sedang dijalankan," kata kementerian pertahanan India dalam pernyataannya.

Baca: Pesawat Jatuh dan Terbakar di Meksiko, 97 Penumpang dan Empat Kru Selamat

Pesawat Mirage 2000 yang diproduksi Perancis itu dilengkapi dengan sistem kursi pelontar "zero-zero", yang berarti dapat berfungsi dalam ketinggian dan kecepatan nol, atau saat pesawat dalam posisi diam.

Baca: Tragedi Pesawat Jatuh, Gunakan Pakaian Panjang Bisa Selamatkan Nyawa saat Terbang

Halaman
12
Editor: Yusmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved