BPN Target Selesaikan 4 Ribu Sertifikat Tanah

Untuk menjalankan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019, Badan Pertanahan Nasional (BPN)

BPN Target Selesaikan 4 Ribu Sertifikat Tanah
Ilustrasi 

LHOKSEUMAWE - Untuk menjalankan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Lhokseumawe,
menargetkan menyelesaikan empat ribu sertifikat hak atas tanah milik masyarakat. BPN juga akan memetakan 6 ribu bidang tanah.

Hal ini diutarakan Kepala BPN Lhokseumawe, Erni W Suprihatini, seusai acara pengangkatan sumpah panitia ajudikasi dan satuan tugas PTSL di Aula Kantor BPN setempat, Kamis (31/1) siang.

Menurutnya, tim ajudikasi terdiri atas petugas BPN dan juga para aparat desa. Lokasi PTSP tahun ini mencakup tiga kecamatan, yakni Blang Mangat, Muara Dua, dan Muara Satu.

Tim yang disumpah tersebut nantinya akan turun ke desa-desa untuk melakukan pendataan guna proses pembuatan sertifikat hak atas tanah ataupun untuk peta bidang tanah. Ditargetkan, program PTSL tahun ini akan tuntas pada September 2019 mendatang. “Karenanya kita harapkan masyarakat pro-aktif,” harapnya.

Menurut Erni, melalui program ini proses pembuatan sertifikat tanah akan sangat mudah, terutama dari segi biaya. Karena melalui program ini, pemilik tanah tidak perlu membayar biaya pendaftaran, pengukuran, kepanitiaan, transportasi, dan dana penerimaan negara bukan pajak.

Karena yang dibebankan kepada pemilik tanah hanyalah materai, kebutuhan surat menyurat, dan patok. “Jadi, kita harapkan masyarakat benar-benar bisa memanfaatkan program ini,” demikian Erni.(bah)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved