Muak dengan Hoaks, Ini Cara Mengecek Kebenaran Suatu Informasi

Cek Fakta, yang merupakan platform pengecekan fakta berita, yang melakukan verifikasi suatu informasi dalam hitungan menit.

Muak dengan Hoaks, Ini Cara Mengecek Kebenaran Suatu Informasi
Instagram/Kolase
Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia hoaks 

SERAMBINEWS.COM - Ada yang berbeda pada debat capres 17 Januari lalu. Bukan soal bocoran daftar pertanyaan. Bukan juga soal kertas ‘contekan’.

Publik sekarang bisa mengecek apakah pernyataan kandidat presiden itu benar atau tidak. Apakah mereka bicara sesuai fakta atau semata propaganda.

Kali ini kedua pasang calon kepala negara tidak bisa asal ngomong. Ada Cek Fakta, yang merupakan platform pengecekan fakta berita.

Cek Fakta melakukannya hanya dalam hitungan menit, publik bisa mendapatkan verifikasi mana pernyataan akurat dan mana yang hanya bermuslihat dalam debat itu.

Pengecekan fakta lumayan cepat. Sebab para ‘fact-checker’ sudah menyiapkan materi yang akan dicek sebelum debat berlangsung, ungkap Wahyu Dyatmika, Pemimpin Redaksi Tempo.co.

Mereka menggunakan tools Google untuk mencari data berbasis siber. Sebagian lagi memverifikasi kepada sumber-sumber kompeten secara langsung, kata Komang – panggilan akrab Wahyu – yang juga salah satu inisiator proyek kolaboratif anti-hoaks ini.

Baca: Aceh ‘Serambi Hoaks’?

Baca: Rocky Gerung Sebut Polemik Ustaz Baasyir Kekacauan Kekuasaan: Presiden Sekali Lagi Bikin Hoaks

Bermula dari Pilkada DKI

Proyek pengecekan fakta muncul dari sebuah keresahan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) atas maraknya informasi bohong, terutama pada Pilkada Jakarta awal 2017.

Perkumpulan sejumlah media siber itu merasa perlu mengajak para anggotanya untuk bekerja bersama dalam proyek kolaboratif anti-hoaks.

AMSI kemudian mengelar beberapa pertemuan dengan media anggota dan mengundang lembaga yang berpengalaman melawan hoaks, seperti First Draft News dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Halaman
1234
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved