Perjuangan Seorang Suami Mengurus Istri Melawan Kanker dan Kini Hanya Bisa Melihat dengan Satu Mata

Anto mengaku sangat ingin membawa istrinya dioperasi di rumah sakit. Tapi biaya yang besar kerap membuatnya mengurungkan niat.

Perjuangan Seorang Suami Mengurus Istri Melawan Kanker dan Kini Hanya Bisa Melihat dengan Satu Mata
KOMPAS.COM/YAMIN ABD HASAN
Nuriyatmi Usia (47), warga Desa Bale Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara hanya bisa terbaring akibat penyakit kanker yang dideritanya, Minggu (3/2/2019) 

Anto mengaku sangat ingin membawa istrinya dioperasi di rumah sakit. Tapi biaya yang besar kerap membuatnya mengurungkan niat. Ia tahu operasi menghabiskan ratusan juta, sementara mereka keluarga kurang mampu.

SERAMBINEWS.COM, TERNATE - Namanya Nuriyatmi Usia (47), warga Desa Bale, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Ia sudah dua tahun hanya terbaring akibat sakit kanker payudara dan pembengkakan pada bagian mata kanannya.

Sejak saat itu, ibu dua anak ini tak bisa berbuat banyak, kecuali hanya mengharapkan kesembuhan dan uluran tangan para dermawan untuk mengobati penyakit yang dideritanya.

Di tengah kondisi demikian, suami dari Nuriyatmi terpaksa harus berhenti dari toko tempatnya bekerja agar lebih fokus mengurus istrinya.

“Anak yang tua (pertama), Nurasmarani (23), kuliah semester 4 di Universitas Yapi Yayasan Pendidikan Islam Papua Jayapura, sedangkan adiknya, Deanurandini (19), baru lulus dan mendaftar kuliah,” kata Anto, suami Nuriyatmi, Minggu (3/1/2019).

“Anak yang tua kuliah sambil kerja di Jayapura untuk biaya kuliah adiknya,” kata Anto.

Baca: Darson, Warga Miskin dari Simeulue Ini Berjuang Melawan Tumor Ganas

Anto mengisahkan, saat itu sekitar tahun 2011 istrinya divonis mengidap penyakit kanker stadium 4 sehingga harus menjalani operasi ringan.

Namun, itu belum tuntas sehingga di tahun 2012 dilakukan operasi lagi dengan mengangkat payudara kanan di rumah sakit di Jayapura.

Tak lama setelah operasi payudara, derita yang dialami Nuriyatmi kini bertambah dengan pembengkakan pada bagian mata kanannya.

Halaman
12
Editor: Safriadi Syahbuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved