Breaking News:

Jokowi Diberi Gelar 'Cak Jancuk', Ternyata ini Maksud Kata Jancuk dan Muncul di Zaman Kolonialisme

Calon Presiden Joko Widodo diberi gelar 'Cak Jancuk', dan segera mendapat respon dari berbagai pihak.

Editor: Faisal Zamzami
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Minggu (4/11/2018).(Fabian Januarius Kuwado) 

SERAMBINEWS.COM - Calon Presiden Joko Widodo diberi gelar 'Cak Jancuk', dan segera mendapat respon dari berbagai pihak.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku antara percaya dan tidak percaya dengan gelar 'Cak Jancuk' yang disematkan kepada Jokowi dalam deklarasi Forum Alumni Jatim #01 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019) lalu.

Menurut Fadli Zon, sangatlah luar biasa apabila gelar tersebut diterima Jokowi.

"Saya tuh antara percaya dan tidak percaya, apa betul ada gelar itu? Luar biasa kalau betul gitu, dan luar biasa kalau itu diterima," kata Fadli Zon di Pengadilan Tinggi DKI, Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Timur, Senin (4/2/2019).

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu menanyakan, bila gelar tersebut diterima, apakah ia bisa memanggil Jokowi dengan sebutan Cak Jancuk?

Jangan sampai, menurutnya, gelar tersebut diterima, namun orang yang memanggil sematan itu kemudian bermasalah secara hukum.

"Kalau boleh, gelar itu diterima, bolehkah kita sekarang memanggilnya 'Cak Jancuk'? Jangan sampai nanti kalau gelar itu diterima, terus kita memanggil kepada yang bersangkutan 'Cak Jancuk', nanti hate speech (ujaran kebencian). Kalau boleh dari sekarang kita memanggil dengan sebutan 'Cak Jancuk' gitu," paparnya.

s

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo mendapat dukungan dari Forum Alumni Jawa Timur di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (2/2/2019). (Desca Lidya Natalia)

Sebelumnya, tidak hanya diberi gelar 'Cak', calon presiden nomor urut 01 Jokowi juga mendapat sebutan ' Jancuk' oleh para pendukungnya yang tergabung dalam Forum Alumni Jatim #01.

Sematan nama ' Jancuk' disampaikan pembawa acara dalam deklarasi Forum Alumni Jatim #01 yang digelar di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).

Pembawa acara Forum Alumni Jatim #01 menyebutkan, sebutan Cak terhadap Jokowi memiliki arti Cakap, Agamis, dan Kreatif.

"Mengapa disebut cak? Karena Cak adalah Cakap, Agamis, dan Kreatif, itulah Cak Jokowi," ujar pembawa acara di depan Jokowi.

Pembawa acara itu kembali memberikan sebutan kepada Jokowi, yakni Jancuk.

Dia menegaskan kata Jancuk bukan makna negatif atau umpatan, melainkan memilki arti Jantan, Cakap, Ulet, dan Komitmen.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved