Kodim dan BPBD Sosialisasi Aplikasi Inarisk

Kodim 0107/Aceh Selatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan menggelar sosialisasi

Kodim dan BPBD Sosialisasi Aplikasi Inarisk
SERAMBI/RIZWAN
PERSONEL TNI bersama Polri dan BPBD memadamkan kebakaran lahan gambut di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Rabu (30/1). 

TAPAKTUAN - Kodim 0107/Aceh Selatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan menggelar sosialisasi Penanggulangan Bencana melalui sistem aplikasi Inarisk di Makodim Aceh Selatan, Jumat (8/2).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, mengatakan, sosialisasi terkait materi tentang potensi bencana alam yang kemungkinan terjadi di wilayah Aceh Selatan.

“Tujuan mengembangkan pengetahuan tentang sistem aplikasi Inarisk yang digunakan untuk mengetahui potensi dan mengantisipasi besarnya dampak bencana di daerah masing-masing,” jelasnya.

Cut Syazalisma, S.STP, mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut ia memaparkan pemahaman tentang potensi tsunami, pembuatan peta rawan bencana, jalur evakuasi didaerah rawan bencana, hingga kemampuan dasar mitigasi rawan kebencanaan melalui aplikasi Inarisk.

Sementara itu, Dandim 0107/Aceh Selatan melalui Danramil Samadua, Kapten Arh Rahman, menjelaskan, peran Kodim dalam penanggulangan bencana meliputi pokok-pokok tanggap darurat dan mekanisme keterlibatan personel TNI AD di tingkat daerah.

Kriteria bencana alam, sebutnya, yakni prinsip-prinsip dalam penanggulangan bencana alam, dan langkah-langkah yang dilakukan sebelum, selama, dan pascabencana di wilayahnya. “Apabila nanti suatu saat muncul pemberitahuan dari aplikasi Inarisk di wilayah itu terjadi hal yang tidak diinginkan diakibatkan oleh alam, maka Kodim akan langsung memberikan bantuan,” paparnya.

Menurutnya, di era digital para Babinsa di wilayah Aceh Selatan sangat terbantu dengan aplikasi Inarisk yang sudah dikembangkan oleh BNPB saat ini. “Kita sama-sama mengetahui bahwa untuk wilayah Aceh Selatan potensi bencana alam di wilayah setempat sangat tinggi. Kami merasa sangat terbantu adanya aplikasi Inarisk itu,” tandasnya.(tz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved