15 Rumah Dinas Guru Hancur Dihantam Ombak

Sebanyak 15 unit rumah dinas guru dan ruang kelas SMP Pulau Banyak, Aceh Singkil di Pulau Balai hancur akibat dihantam ombak

15 Rumah Dinas Guru Hancur Dihantam Ombak
SERAMBI/DEDE ROSADI
Perumahan dinas guru SMP Pulau Banyak, Aceh Singkil, hancur terkena ombak, Rabu (13/2)SERAMBI/DEDE ROSADI 

SINGKIL - Sebanyak 15 unit rumah dinas guru dan ruang kelas SMP Pulau Banyak, Aceh Singkil di Pulau Balai hancur akibat dihantam ombak, sehingga tidak bisa digunakan lagi. Selain gedung sekolah, hantaman ombak juga menggerus daratan Pulau Balai yang berada di samping SMP Pulau Banyak. Diperkirakan daratan yang tergerus sekitar 500 meter. Sebagai antisipasi, telah dibuat tanggul dengan meninggikan tumpukan tanah di sekitar pinggir pantai.

Terkait hal itu, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid mengatakan, Pemkab sudah mengusulkan pembuatan tanggul penahan abrasi kepada pemerintah pusat. Sebab, ulasnya, pembangunan tanggul membutuhkan dana yang cukup besar sehingga tidak bisa menggunakan APBK.

Kendati demikian, ujar Bupati, untuk penanganan darurat, pihaknya telah berupaya meninggikan pantai menggunakan material yang ada di lokasi. “Saya minta semua pinggir pantai ditinggikan agar bisa meminimalisir abrasi,” tukas Bupati Dulmusrid saat meninjau lokasi, Rabu (13/2).

Bupati juga memerintahkan dinas terkait agar bangunan yang rusak berat diruntuhkan supaya tidak membahayakan para siswa. Kemudian reruntuhan material itu digunakan untuk meninggikan pesisir pantai.

Hanya saja, pemanfaatan material reruntuhan gedung dan tanah untuk meninggikan pantai tidak efektif karena mudah terkikis bila gempuran ombak besar datang. Oleh karena itu, warga Pula Banyak meminta pemerintah segera membangun tanggul beton di bibir pantai.(de)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved