Polisi Sita Puluhan Ton Kayu di Meurah Mulia

Tim Polsek Meurah Mulia Polres Lhokseumawe, Sabtu (16/2) menyita sekitar 30 ton kayu berbagai jenis

Polisi Sita Puluhan Ton Kayu di Meurah Mulia
RAHMAD
APARAT Kepolisian Sektor Meurah Mulia mengawasi pekerja memasukkan barang bukti kayu batangan ke dalam truk saat berlangsung operasi illegal logging di pedalaman Desa Nga, Meurah Mulia, Aceh Utara, Sabtu (16/2). Dalam operasi itu Polisi mengamankan satu tersangka bersama barang bukti 30 ton lebih kayu berkualitas jenis Merante, Kruing dan Sembarang, hasil perambahan hutan di Aceh Utara. 

LHOKSEUMAWE - Tim Polsek Meurah Mulia Polres Lhokseumawe, Sabtu (16/2) menyita sekitar 30 ton kayu berbagai jenis di sebuah kebun Desa Nga, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara. Penemuan kayu tersebut merupakan pengembangan dari penangkapan sebuah becak yang mengangkut 10 batang kayu.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kalolsek Meurah Mulia, Iptu Boestani SH MH menjelaskan, sehari sebelumnya, pihaknya mengamankan sebuah becak yang mengangkut sebanyak 10 batang kayu jenis meranti di jalan Line Pipa kawasan Meurah Mulia. Saat penangkapan itu juga diamankan pembawa becak berinisial KH, merupakan warga setempat.

Selanjutnya dilakukan pengembangan, sehingga pihaknya menemukan kayu-kayu yang diduga jenis meranti seperti Merbau, Kruing dan Jabon Hutan di sebuah kebun Desa Nga. Untuk jumlahnya diperkirakan sekitar 30 ton. “Namun begitu, untuk memastikan jenis-jenis kayu dan jumlahnya, kita akan undang tim ahli nantinya,” katanya.

Kayu sitaan itu kini sudah diamankan di Mapolsek Meurah Mulia. Sedangkan untuk kepemilikan kayu tersebut, menurut Iptu Boestani, masih dalam tahap penyelidikan. “Saat sudah diketahui pemiliknya, nanti kita akan minta keterangan serta meminta dokumen-dokumen terkait kayu itu. Bila memang nantinya tidak dapat menujukkan dokumen yang sah, maka akan langsung diproses hukum lanjutan,” pungkas Boestani.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved