Aceh Jaya Bantu Palu Rp 115 Juta Lebih

Bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan berbagai elemen masyarakat Aceh untuk korban gempa-tsunami-likuifaksi

Aceh Jaya Bantu Palu Rp 115 Juta Lebih
IST
BUPATI Aceh Jaya, Irfan TB menyerahkan bantuan Rp 115.100.000 untuk korban bencana gempatsunami- likuifaksi Palu melalui Pemerintah Aceh yang diterima oleh Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek didampingi Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin di Kantor BPBA, Senin (18/2). 

BANDA ACEH - Bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan berbagai elemen masyarakat Aceh untuk korban gempa-tsunami-likuifaksi Sulawesi Tengah (Sulteng) terus mengalir. Hingga saat ini penggalangan ‘Donasi Aceh untuk Palu’ telah mencapai lebih Rp 3,4 miliar.

Pada Senin (18/2), Bupati Aceh Jaya, Irfan TB, menyalurkan bantuan Rp 115.100.000 untuk korban bencana Sulteng. Bantuan diserahkan oleh Bupati Aceh Jaya kepada Pemerintah Aceh melalui penggalangan ‘Donasi Aceh untuk Palu’ yang diterima Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA HT Ahmad Dadek didampingi Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin selaku unsur organisasi yang ikut terlibat dalam penggalangan bantuan.

Bupati Aceh Jaya mengatakan, bantuan sebesar Rp 115 juta lebih itu dihimpun dari jajaran pemerintahan dan masyarakat dengan melibatkan sejumlah organisasi sosial dalam penggalangannya. “Aceh pernah mengalami bencana dahsyat pada 2004 lalu. Kita bisa merasakan bagaimana penderitaan saudara-saudara kita di sana,” ujar Irfan.

Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek mengapresiasi kepedulian berbagai pihak termasuk pemkab dan masyarakat Aceh Jaya untuk korban bencana yang terjadi secara beruntun di Indonesia pada 2018 lalu.

Menurut Dadek, khusus untuk Palu, hingga posisi Senin, 18 Februari 2019 dana yang telah terkumpul mencapai lebih kurang Rp 3,4 miliar.

Seperti diketahui, semua dana yang terkumpul itu akan difokuskan untuk pembangunan kembali Masjid Jamik Nurul Hasanah di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu yang hancur akibat gempa 28 September 2018.

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jamik Nurul Hasanah di Kota Palu dilakukan oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada 13 Februari 2019. Masjid berukuran 20x20 meter yang dibangun dengan kontruksi kayu dan beton itu diberi nama Masjid Nurul Hasanah Aceh.

Sedangkan sebelumnya, untuk korban gempa Lombok, NTB, pemerintah dan masyarakat Aceh juga menggalang bantuan yang terhimpun sekitar Rp 1,5 miliar dan juga difokuskan untuk pembangunan masjid, yaitu Masjid An-Nur di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. “Masjid An-Nur Aceh tersebut kini sudah rampung sekitar 70 persen dan diharapkan berfungsi pada bulan Ramadhan tahun ini,” demikian Kalak BPBA.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved