Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi Bulan April, Berikut 14 Universitas Pilihanmu

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali membuka Program Beasiswa Santri Berprestasi

Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi Bulan April, Berikut 14 Universitas Pilihanmu
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
Ribuan santri Kota Subulussalam peringati Hari Santri Nasional. 

SERAMBINEWS.COM - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali membuka Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Pendaftaran PBSB tahun 2019 ini akan dibuka dari 1 - 30 April dan berbasis online.

Dilansir dari laman resmi Kemenag, Direktur PD Pontren Ahmad Zayadi mengatakan tahun 2019 Kemenag menambah mitra perguruan tinggi.

Ada enam perguruan tinggi baru yang menjadi mitra Kemenag, yaitu: Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas al-Azhar Indonesia, dan empat Mahad Aly (pendidikan tinggi pesantren).

“Penambahan Perguruan Tinggi Mitra merupakan salah satu upaya Kemenag memperluas akses bagi santri berprestasi untuk bisa kuliah di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia dan Luar Negeri,” ujar Zayadi di Jakarta, Senin (18/02/2019).

Meningkatkan kapasitas pesantren Dikatakan Zayadi, PBSB berlangsung sejak 2004.

Program ini merupakan upaya meningkatkan kapasitas pondok pesantren di bidang sains dan teknologi sekaligus memberikan penguatan atas kajian tafaqquh fiddin (pendalaman agama) yang menjadi kajian utama pondok pesantren.

“Manfaat program ini diharapkan menjadi pionir pemberdayaan masyarakat (community development) di lingkungan pondok pesantren,” ungkap alumnus Doktoral Universitas Pendidikan Indonesia.

Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Basnang Said menambahkan, Kemenag tahun ini menyiapkan 173 kouta yang tersebar di 14 Perguruan Tinggi di Indonesia dan empat Mahad Aly.

"153 kuota untuk 14 Perguruan Tinggi Agama Islam dan umun di Indonesia, dan 20 kuota untuk empat Mahad Aly," papar Basnang.

Halaman
1234
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved