Gajah dan Harimau Berkeliaran

Warga Aceh Jaya yang berada di Kecamatan Krueng Sabee dan Kecamatan Pasie Raya mengeluhkan keberadaan gajah liar

Gajah dan Harimau Berkeliaran
FOR SERAMBINEWS.COM
Anggota Polsek Serba Jadi, dan anggota Koramil Peunaron, meninjau sapi yang dimangsa harimau, di Dusun Krueng Baung, Gampong Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur, dimangsa harimau liar 

* Warga Aceh Jaya Resah

CALANG - Warga Aceh Jaya yang berada di Kecamatan Krueng Sabee dan Kecamatan Pasie Raya mengeluhkan keberadaan gajah liar dan harimau Sumatra yang berkeliaran di dekat pemukiman penduduk. Gajah liar berkeliaran di dekat Desa Panggong, Kecamatan Krueng Sabee, sedangkan harimau Sumatra ‘meneror’ warga Desa Buket Keumuneng, Kecamatan Pasie Raya, kabupaten setempat.

Salah seorang warga Desa Panggong, Abdul Wahid (46) menjelaskan, keberadaan kawanan gajah liar di dekat permukiman penduduk tersebut sudah merusak puluhan hektare tanaman warga, sehingga hancur dan tidak bisa dipanen. “Kami sangat berharap agar ada penanganan terkait gangguan kawanan gajah liar ini,” ungkap Abdul Wahid kepada awak media, kemarin.

Ia menambahkan, dirinya bersama dengan masyarakat yang lain harus berusaha secara swadaya untuk mengusir kawanan gajah liar itu. Menurutnya, kawanan gajah yang berjumlah sekitar enam ekor tersebut diduga masih berada di kawasan itu hingga, Selasa (19/2). “Tidak ada nomor yang bisa kami hubungi untuk meminta bantuan menangani masalah gangguan kawanan gajah ini,” keluhnya.

Sementara itu, Khairul, anggota Ranger Aceh Jaya mengungkapkan, setelah pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat terkait keberadaan harimau Sumatra di Desa Buket Keumuneng, Kecamatan Pasie Raya, pihaknya langsung turun ke lokasi untuk mendeteksi jejak satwa dilindungi tersebut. “Saat kita pantau, ada dua jejak harimau dan jumlahnya kita perkirakan ada dua ekor,” jelasnya.

Khairul menduga, kedua harimau tersebut juga sudah memangsa dua ekor lembu warga yang dilaporkan telah hilang beberapa waktu lalu. “Untuk saat ini, kita meminta kepada warga yang akan melakukan aktivitas di wilayah desa tersebut untuk berhati-hati. Karena kami belum tahu di mana posisi harimau itu, walaupun jejak kaki dari harimau tersebut sudah menuju ke arah hutan,” tuturnya.(c52)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved