Tak Ada Persoalan dengan Sipir

KEPALA Kanwil Kemenkum HAM Aceh, Agus Toyib, mengakui jika Jumlah petugas jaga di Rutan Kelas II B Takengon memang kurang

Tak Ada Persoalan  dengan Sipir
NET
Ilustrasi 

KEPALA Kanwil Kemenkum HAM Aceh, Agus Toyib, mengakui jika Jumlah petugas jaga di Rutan Kelas II B Takengon memang kurang. Hal itu disampaikannya saat ditanyai tentang kaburnya 11 napi di Rutan Takengon tersebut.

“Dari sisi petugas kurang, karena di Takengon itu yang jaga 6 orang, sementara yang dijaganya 500 orang. Kalau dari aspek pengawasan memang kita kurang memadai,” kata Kepala Kanwil Kemenkum HAM Aceh, Agus Toyib, saat ditemui di Lapas Banda Aceh, Jumat (22/2).

Kesebelas napi melarikan diri pada Kamis (21/2) dini hari dengan membobol plafon kamar sel. Setelah itu, mereka memanjat ke atas menggunakan kain yang sudah disambung. Mereka kemudian menujuruang kerja dan melakukan pembobolan. Terakhir, mereka membobol teralis jendela dan kabur.

“Mungkin mereka tidak sabar aja di dalam, tidak ingin menjalani hukuman sehingga menjalankan cara-cara seperti itu,” jelas Agus.

Agus menyebut tidak ada laporan permasalahan antara napi dengan petugas. Hubungan sipir dengan narapidana disebut harmonis. “Yang jelas tidak ada faktor misalnya diperlakukan tidak baik atau napi dipukuli itu tidak ada. Sejauh ini pelarian napi tidak dibantu oleh petugas,” ujar dia.(dtc)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved