Jangan Lupa, Hari Ini Ada Pembukaan Pacuan Kuda di Takengon, Ini Lokasi dan Peserta yang Terlibat

Event itu akan diikuti peserta dari tiga kabupaten di Dataran Tinggi Gayo (DTG), Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Jangan Lupa, Hari Ini Ada Pembukaan Pacuan Kuda di Takengon, Ini Lokasi dan Peserta yang Terlibat
Para joki saat tampil dalam perlombaan pacuan kuda di arena HM Hasan Gayo Blang Bebangka, Kabupaten Aceh Tengah dalam memeriahkan HUT ke 72 Kemerdekaan RI, Senin (21/8/2017) 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS. COM, TAKENGON - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah kembali menggelar ajang pacuan kuda tradisional di Lapangan HM Hasan Gayo, Blang Berangkat, Kecamatan Pengasingan, Kabupaten Aceh Tengah.

Pembukaan pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT Kota Takengon ke-442 tersebut dijadwalkan akan dimulai Senin (25/2/2019) siang ini.

Event itu akan diikuti peserta dari tiga kabupaten di Dataran Tinggi Gayo (DTG), Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Final Piala AFF U-22 2019 Indonesia Vs Thailand, Live di RCTI

Baca: Jika Terpilih Lagi, Jokowi Janjikan Kartu Sembako Murah, KIP Kuliah, dan Kartu Pra-Kerja

Baca: Tolak Disebut Kaya Raya, Prabowo: Harta Benda yang Saya Miliki Titipan Tuhan

Diperkirakan, ratusan kuda pacuan dari tiga kabupaten serumpun itu, ikut meramaikan event tahunan yang rutin dilaksanakan di tiga kabupaten secara bergantian.

Pacuan kuda tradisional di Gayo, merupakan pagelaran pesta rakyat yang disaksikan warga dari tiga kabupaten.

Bahkan, dari berbagai daerah di Aceh, juga hadir ke Kota Takengon, untuk menyaksikan pacuan kuda.

Khusus di Aceh Tengah, event ini dilaksanakan dia kali dalam setahun, yaitu saat HUT Kota Takengon setiap Februari dan Agustus dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Kabag Humas Setdakab Aceh Tengah, Mustafa Kamal kepada Serambinews.com, Senin (25/2/2019) mengatakan pembukaan pacuan kuda direncanakan akan dibuka langsung oleh Bupati AcehTengah, Shabela Abubakar.

"Selain itu, ada juga para pejabat dari tiga kabupaten ikut hadir dalam pembukaan nanti," kata Mustafa Kamal.

Disebutkan Mustafa Kamal, pagelaran pacuan kuda, akan dilaksanakan selama sepekan ke depan, sehingga masih banyak waktu bagi warga yang ingin menyaksikan event ini.

"Pacuan kuda, sudah menjadi bagian budaya, sehingga sangat ditunggu tunggu oleh masyarakat dari tiga kabupaten yang menjadi peserta," ungkapnya.(*)

Penulis: Mahyadi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved