272.039 Siswa Bertarung

Sebanyak 271.039 siswa berbagai jenis pendidikan di Aceh akan bertarung pada Ujian Nasional (UN)

272.039 Siswa Bertarung
SYARIDIN, Kadisdik Aceh

* Pada Ujian Nasional 2019

BANDA ACEH - Sebanyak 271.039 siswa berbagai jenis pendidikan di Aceh akan bertarung pada Ujian Nasional (UN) yang dijadwalkan mulai digelar April 2019 mendatang. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi dan sosialisasi Ujian Nasional 2018/2019. Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Syaridin MPd tersebut berlangsung selama dua hari pada 24-25 Februari 2019, di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh. Hadir dalam rakor ini, para kadisdik kabupaten/kota, perwakilan Kemenag, Kepala LPMP Aceh, Plt kepala Cabang Dinas, unsur Majelis Pendidikan Aceh (MPA), serta MKKS seluruh Aceh.

Kadisdik Aceh, Syaridin mengatakan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2019, di mana salah satu di antaranya adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Karena itu, tegasnya, Disdik memastikan bahwa seluruh satuan pendidikan di Aceh tahun ini melaksanakan UNBK.

Untuk itu, jelas Syaridin, pihaknya saat ini melengkapi sarana dan prasarana pendukung UNBK, melatih tenaga proktor, dan teknisi yang sudah dilaksanakan pada 19-22 November 2018 lalu, simulasi UN/USBN, koordinasi dengan PLN dan Telkom, dan bimtek guru mata pelajaran yang akan di-UASBN-kan.

Kadisdik Aceh memaparkan, ada beberapa hal yang harus sukses dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019 yaitu, sukses pelaksanaannya yang meliputi terlaksananya UN dengan baik dan kredibilitasnya meningkat, serta sukses hasilnya.

“Yakni perolehan nilai harus mencapai standar yang diharapkan. Bahkan, pada tahun 2019 ini, kita menargetkan Aceh dapat menempati peringkat satu nasional,” tukasnya.

Ia menambahkan, suksesnya UNBK di Aceh tahun ini sangat tergantung kepada semua pihak. Oleh karena itu, ia mengajak secara bersama-sama memberikan kontribusi demi terlaksananya Ujian Nasional yang sukses dan berkualitas.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ujian Nasional Aceh, Zulkifli MPd menjelaskan, kegiatan sosialisasi itu sekaligus dijadikan bagian dari evaluasi terhadap tahapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk semua jenjang dan satuan pendidikan di Aceh.

“Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Aceh yang terkait dengan evaluasi data dan kebijakan Ujian Nasional (UN),” terang Zulkifli yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh.(sir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved