Luar Negeri

Irak Tangkap Komandan ISIS Berjuluk "Pangeran Medan Perang" di Mosul

Komandan yang tak disebutkan identitasnya itu mendapat julukan Pangeran Medan Perang karena jumlah serangan yang dipimpinnya

Irak Tangkap Komandan ISIS Berjuluk
Kota Raqqa, Suriah utara, yang menjadi ibu kota kekhalifahan ISIS, kini telah hancur dan ribuan militan telah meninggalkan kota itu setelah kehilangan wilayahnya. Kota itu jatuh ke tangan pasukan Kurdi yang didukung AS. (Reuters via The Guardian) 

SERAMBINEWS.COM - Seorang komandan Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS) dilaporkan tertangkap ketika hendak melarikan diri pada pekan lalu.

Media lokal Alghad Press dikutip Daily Mail Senin (25/2/2019) mewartakan, komandan itu ditangkap di kawasan barat Mosul ketika hendak kabur dari Suriah.

Komandan yang tak disebutkan identitasnya itu mendapat julukan Pangeran Medan Perang karena jumlah serangan yang dipimpinnya.

Baca: Ilmuwan Brasil Heran Melihat Paus Bungkuk Sepanjang 8 Meter Terdampar di Hutan Amazon

Dia terlibat dalam sejumlah pertempuran melawan pasukan keamanan Irak di Provinsi Anbar yang berbatasan dengan Suriah.

Direktorat Intelijen Militer Irak menyatakan, Pangeran Medan Perang itu ditangkap di Distrik Rabia yang berlokasi di Mosul.

"Dia baru saja kembali dari Suriah. Dia sebelumnya sempat kabur setelah daerah yang kelompok teroris itu kuasai mampu direbut," ujar intelijen.

Mosul merupakan salah satu ibu kota de facto ISIS selain Raqqa di Suriah ketika kelompok itu mengambil alih pada 2014, dan menjadikan mereka sebagai ancaman dunia.

Baca: Hingga Januari 2019, Utang Pemerintah Pusat Capai Rp 4.498,6 Triliun

Berawal dari menara Masjid Agung al-Nuri, Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi mendeklarasikan kekhalifahan sebelum kota itu direbut kembali pada 2017.

Daily Mail melansir dengan kejatuhan ISIS, banyak anggota mereka yang kabur ke Irak dengan harapan melancarkan serangan gerilya melawan pemerintah.

Kini, ISIS telah kehilangan 99 persen wilayah kekuasaannya.

Menyisakan wilayah dekat Baghouz yang menjadi benteng terakhir mereka.

Baca: Harga Emas Kembali Turun, Berikut Rincian Harganya Hari Ini

Setiap hari, ratusan anggota beserta keluarga mereka melarikan diri atau ditangkap pasukan Kurdi yang disokong Amerika Serikat (AS).

Presiden AS Donald Trump sempat mendesak negara sekutu untuk mengambil kembali warga mereka yang menjadi anggota ISIS.

Itu termasuk Shamima Begum, remaja berusia 19 tahun yang kabur dari Inggris dan bergabung dengan ISIS bersama dua temannya pada 2015 silam.(*)

Baca: Sirkuit Mandalika Lombok Direncanakan Gelar MotoGP 2021, Ini Biaya Per Musim Harus Disetor ke Dorna 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Komandan ISIS Berjuluk "Pangeran Medan Perang" Dilaporkan Tertangkap di Irak", 

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved