RSU Pidie Operasi Tumor Otak

Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Tgk Chik Di Tiro (BLUD- RSU CT Sigli Pidie, bekerja sama

RSU Pidie Operasi Tumor Otak
SERAMBI/IDRIS ISMAIL
AHLI bedah saraf dari RSUD Sarlito Yogyakarta, dr Adi Guno SpBS (dua kiri) didampingi Kabid Pelayanan RSU Tgk Chik Di Tiro, dr Dwi Wijaya (kiri) memberi keterangan pers pascaoperasi bedah tumor otak di RSU Tgk Chik DiTiro, Sigli, Pidie, Senin (25/2) petang. 

* Bekerjasama dengan RSUD Yogyakarta

SIGLI - Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Tgk Chik Di Tiro (BLUD- RSU CT Sigli Pidie, bekerja sama dengan pihak Sister Hospital, RSUD Sarlito Yogyakarta dan Fakultas kedoktetan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil melakukan tindakan medis, operasi bedah tumor otak yang diduga ganas.

Direktur RSU CT Sigli Pidie, drg Mohd Riza Faisal MARS bersama Kepala Bidang Pelayanan, dr Dwi Wijaya, bersama Dr Adi Guno Sp BS dan Dr Yoka Mahendra selaku Residen bedah Saraf, Senin (25/2) petang mengatakan, operasi bedah tumor operasi dalam kasus tumor otak atau Astrocytonan yang diduga tumor ganas ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh pihak RSU CT Sigli.

“Operasi tumor otak selama dua berhasil dilakukan, dari pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB,” sebut dr Dwi Wijaya. Kerjasama ini telah berjalan selama 15 bulan dan terus memberikan upaya maksimal pelayanan kesehatan maksimal terhadap masyarakat Pidie yang tersebar di 23 kecamatan.

“Siapapun yang mengalami persoalan dalam hal tindakan medis bedah saraf, maka dapat ditangani di Pidie, tanpa perlu dirujuk ke luar daerah,” kata Dwi Wijaya. Dia mengatakan dengan dukungan fasilitas peralatan medis yang mumpuni, seperti CT Scan yang canggih dapat mendeteksi secara riil berbagai penyakit serta penanganannya.

Disebutkan, dalam penanganan operasi bedah tumor otak kedua kali ini tentunya melibatkan tim medis yang telah dipersiapkan secara matang yaitu dr Adi Guno SpBS, dr Yoka Mahendra, dr Rizal SpAn, dr Ardi SpAn, dr Tata SpAn serta para medis RSU CT lainnya.

“Hal ini sebagai komitmen RSU CT dalam memberikan pelayanan optimal yang sebagian besar dapat tertangani di Pidie, baik bedah tumor otak serta Hidrosefalus yang tahun-tahun sebelumnya dirujuk ke Banda Aceh,”jelasnya.

Sementara itu, dr Adi Guno SpBS secara terpisah mengatakan penanganan termasuk bedah saraf terhadap kasus bayi Hidrosefalus, bedah saraf benjolan tulang pada bagian otak, pendarahan pembekuan pada otak pasien stroke serta yang lainnya.

Disebutkan, operasi bedah tumor otak terhadap pasien yang berusia 35 tahun pada Senin (25/2), berjalan dengan baik dan pasien masih dalam perawatan intensif.(c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved