Ulama Pemegang Sanad Alquran Asal Mesir akan Latih Para Pengajar Alquran di Aceh, Ini Jadwalnya

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung di Aula Lembaga Administrasi Negara (LAN), Darul Imarah, Aceh Besar, 6-10 Maret 2019.

Ulama Pemegang Sanad Alquran Asal Mesir akan Latih Para Pengajar Alquran di Aceh, Ini Jadwalnya
bismillah.or.id
Syaikh Abdurrahman Mu’nis, pengajar Alquran di Masjid al-Azhar Mesir. 

Ulama Pemegang Sanad Alquran Asal Mesir akan Latih Para Pengajar Alquran di Aceh, Ini Jadwalnya

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh kembali akan mengadakan Daurah Tajwid Internasional, pada tanggal 6 sampai 10 Maret 2019.

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung di Aula Lembaga Administrasi Negara (LAN), Darul Imarah, Aceh Besar.

“Trainer pada pelatihan ini adalah Syaikh Abdurrahman Mu’nis yang merupakan salah satu ulama Alquran asal Mesir,” kata Ketua IKAT Aceh Tgk H Muhammad Fadhil Rahmi Lc, dalam pernyataan tertulis kepada Serambinews.com, Kamis (28/2/2019).

Fadhil Rahmi menyatakan, Syaikh Abdurrahman Mu’nis adalah pemegang sanad Alquran yang ke-30.

“Beliau salah satu pengajar Alquran di masjid al-Azhar Mesir. Beliau pengarang kitab tajwid berjudul Subulus Salam fi Tajwidi Khairil Kalam,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Syaikh Abdurrahman Mu’nis merupakan salah satu guru dari Tim Tahsin IKAT Aceh yang selama ini aktif mengajar Alquran dan membuat pelatihan baca Alquran di Aceh.

“Dengan hadirnya beliau ke Aceh, kita berharap masyarakat Aceh bisa belajar Alquran langsung pada ulama Alquran dari Mesir yang merupakan gurunya para guru Alquran di Aceh,” imbuh Fadhil Rahmi.

Tgk Fadhil menambahkan, salah satu kelebihan Syaikh Abdurrahman Mu’nis adalah beliau bisa berbahasa Melayu, karena istrinya adalah orang Malaysia.

Mahasiswa al-Azhar dari Indonesia dan Malaysia banyak yang belajar pada Syaikh ini.

“Dengan kemampuan ini kita harapkan peserta yang belum bisa bahasa Arab bisa berkomunikasi langsung dengan syaikh. Ini kami lihat sangat positif bagi siapapun yang mau belajar Alquran,” kata pria yang akrab disapa Syekh Fadhil ini.

Baca: Jadwal Khatib Jumat 1 Maret 2019 di Banda Aceh, Dr Mutiara Fahmi di Masjid Raya Baiturrahman

Ketua panitia Daurah Tajwid Internasional Tgk Muhar Rafsanjani, Lc. Mengatakan, sebelumnya IKAT Aceh telah mengadakan Daurah Tajwid Internasional yang pertama pada Ramadhan tahun 2018.

Saat itu IKAT menghadirkan Syaikh Sayyid Harun Abu Dahab yang merupakan salah satu ulama ahli Qiraat di Mesir.

“Saat itu para peserta daurah dan seminar internasional sangat senang dan terharu dengan kehadiran Syaikh Harun. Maka kami harap, dengan Daurah Tajwid Internasional yang kedua ini, masyarakat bisa kembali memanfaatkan kesempatan emas belajar Alquran langsung pada ahlinya,” kata Tgk Muhar.(*)

Baca: Sosok Putri Reema, Perempuan Arab Saudi Pertama yang Ditunjuk Jadi Dubes Amerika Serikat

Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved