Studi PBB Sebut Persediaan Pangan Dunia yang Semakin Mengkhawatirkan

Ini disebakan oleh spesies hewan dan tanaman yang punah dalam waktu cepat. Padahal, jumlah penduduk di Bumi semakin bertambah.

Studi PBB Sebut Persediaan Pangan Dunia yang Semakin Mengkhawatirkan
Shutterstock
Beras 

SERAMBINEWS.COM - Sebuah laporan dari PBB mengungkapkan bahwa persediaan pangan di dunia sangat terancam. Ini disebakan oleh spesies hewan dan tanaman yang punah dalam waktu cepat. Padahal, jumlah penduduk di Bumi semakin bertambah.

Dilansir dari Kompas.com, Organisasi Pangan Dunia (FAO) mengatakan, manusia bergantung pada hewan dan tumbuhan sebagai sumber pangan. Namun, jumlah mereka ternyata semakin berkurang akibat wabah penyakit, suhu yang tak menentu serta cuaca ekstrem akibat perubahan iklim.

Baca: Menang atas Real Betis, Valencia Tantang Barcelona di Partai Final Copa del Rey 2018-2019

Meskipun ada sekitar enam ribu spesies tanaman di Bumi, tapi hanya kurang dari 200 yang bisa dikonsumsi.

Bahkan, menurut data FAO, hanya sembilan spesies saja yang selama ini menjadi sumber pangan dunia.

Baca: Mengenal Dua Obat Kanker yang Rencananya Dihapus dari Layanan BPJS Kesehatan

"Hilangnya keanekaragaman hayati bagi pangan dan pertanian sangat mengancam dalam memberi makan penduduk dunia yang terus bertambah," kata direktur FAO Jose Graziano da Silva, dikutip dari Kompas.com.

"Kita perlu menggunakan biodiversitas yang bersinambungan supaya dapat menanggapu perubahan iklim dan memproduksi pangan dalam cara yang tidak merugikan alam lingkungan," pungkasnya.

Artikel ini tayang national geographic Indonesia dengan judul : Studi PBB Ungkap Persediaan Pangan Dunia yang Semakin Mengkhawatirkan

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved