17 Gampong Masuk Program PTSL

Sebanyak 17 gampong dalam tujuh kecamatan di Aceh Barat Daya (Abdya) masuk program pembuatan sertifikat tanah

17 Gampong Masuk Program PTSL
Ilustrasi 

BLANGPIDIE - Sebanyak 17 gampong dalam tujuh kecamatan di Aceh Barat Daya (Abdya) masuk program pembuatan sertifikat tanah secara gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis dan Lengkap (PTSL) tahun 2019. Seluruh tanah di kawasan tersebut nantinya akan diukur, baik tanah perubahan, perkebunan, dan persawahan/pertanian untuk kemudian dipetakan.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Abdya, M Arfath Satya APtnh yang dihubungi Serambi, Jumat (1/3), menjelaskan, 17 desa yang masuk PTSL 2019 terdiri dari tujuh gampong di Kecamatan Manggeng yakni Desa Paya, Seuneulop, Sejahtera, Lhok Puntoy, Pantee Raja, Lhueng Baro, dan Blang Manggeng. Disusul empat desa di Kecamatan Kuala Batee masing-masing adalah, Rumoeh Panyang, Padang Sikabu, Ie Mameh, dan Blang Makmur.

Serta dua desa di Kecamatan Blangpidie yaitu, Desa Keude Paya dan Guhang. “Untuk PTSL di Gampong Keude Paya merupakan lanjutan program tahun 2018 lalu, karena belum tuntas,” jelas M Arfath.

Sedangkan, empat kecamatan lain masing-masing mendapat satu desa. Misalnya, Kecamatan Tangan-Tangan di Desa Drien Kipah, Kecamatan Setia di Desa Lhang, Kecamatan Susoh di Desa Palak Hulu, dan Kecamatan Babahrot di Desa Ie Mirah. “Target pembuatan sertifikat melalui program PTSL tahun ini mencapai 3.500 bidang tanah,” sebutnya.

Adapun persyaratan yang perlu dilengkapi oleh masyarakat untuk pembuatan sertifikat tanah melalui kegiatan PTSL, bebernya, adalah fotokopi KTP, surat tanah/alas hak, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta Kartu Keluarga (KK). “Persyaratan itu diserahkan kepada kepada keuchik atau kepala dusun (kadus) tempat tinggal masing-masing,” urainya.(nun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved