Nova Diminta Selesaikan Polemik Pengangkatan Plt

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diminta segera menyelesaikan pengangkatan jabatan pelaksana

Nova Diminta Selesaikan Polemik Pengangkatan Plt
TAUFIQ A RAHIM

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diminta segera menyelesaikan pengangkatan jabatan pelaksana tugas (plt) di lingkungan Pemerintah Aceh yang menjadi polemik akhir-akhir ini. Hal itu harus diselesaikan dengan bijak agar tidak mengganggu kinerja internal birokrasi.

“Plt Gubernur secara bijaksana dan elegan harus segera menyelesaikan persoalan yang sudah terlanjur mengangkat plt terhadap banyak jabatan publik. Mampu menjawab masalah dan tuduhan yang berkembang bahwa orang diangkat itu berada di sekitar Plt Gubernur,” kata pengamat politik dan pemerintahan, Taufiq A Rahim.

Menurut akademisi Unmuha tersebut, kegaduhan pengangkatan jabatan Plt baru-baru ini disebabkan Plt Gubernur Aceh yang dinilai terlalu mengumbar kekuasaan politikya dengan mengangkat jajaran pejabat publik dan lembaga dengan status plt, bahkan ada lembaga dan majelis di luar wewenang eksekutif.

“Sesungguhnya perilaku politik yang ingin dipamerkan Plt Gubernur, bahwa ingin dianggap sebagai sentral kekuasaan politik di Aceh saat ini, sehingga dapat saja mengangkat serta memberhentikan pejabat yang nanti loyal terhadapnya secara politik,” kata Taufiq.

Bahkan, Taufiq mengatakan, terkesan, Nova ingin memperkuat pengaruh politik di dalam kalangan aparatur sipil negara (ASN), kepala dinas atau SKPA dengan menggangkat serta menempatkan orang yang bisa diatur dan di bawah pengaruhnya.

“Kebijakan yang diambil tetap bernuansa politik, karena jabatan eksekutif (Plt Gubernur) adalah jabatan politik, sementara menunggu keputusan gubernur non aktif Aceh, Irwandi Yusuf mendapatkan ketetapan hukum tetap,” katanya. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved