Banda Aceh Terima Penghargaan Terkait Sanitasi

Pemerintah Aceh menyerahkan penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan kepada Kota Banda Aceh

Banda Aceh Terima Penghargaan Terkait Sanitasi
IST
PLT Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah dan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman berfoto bersama seusai menyerahkan penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan, Minggu (3/3) di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh 

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh menyerahkan penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan kepada Kota Banda Aceh. Penghargaan itu diserahkan Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banda Aceh, dr Warqah Helmi, mewakili Wali Kota Aminullah Usman, Minggu (3/3) di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, penghargaan itu diterima Banda Aceh karena warga di daerahnya sudah berhasil mencapai 100 persen tidak buang air besar (BAB) sembarangan atau open defecation free (ODF). Artinya, jamban warga Banda Aceh saat ini sudah sangat sesuai.

Aminullah mengatakan, penghargaan itu juga karena upaya Pemko Banda Aceh yang berkolaborasi dengan provinsi hingga kementerian dalam pengentasan kawasan kumuh, serta melakukan perbaikan sanitasi warga. Sehingga Banda Aceh berhasil menjadi satu-satunya daerah yang meraih penghargaan STBM di Aceh.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek menyerahkan langsung penghargaan STBM Berkelanjutan untuk Banda Aceh pada Oktober 2018 di Jakarta. Terdapat 23 kabupaten/kota yang meraih penghargaan tersebut, dari Aceh diwakili Banda Aceh.

Dr Warqah Helmi mengatakan, petugas di Banda aceh rutin melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya jamban. Sebagai upaya mempertahankan ODF di Banda Aceh, seluruh petugas Sanitasi Puskesmas, Dinas Kesehatan dan Tim Sanitasi, mengkampanyekan tentang ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved