Breaking News:

Pelabuhan Feri Pulau Banyak Rusak

Pelabuhan Feri Pulau Banyak, Aceh Singkil, mengalami kerusakan karena sudah tua dan keropos oleh karat

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
KMP Teluk Singkil di Pelabuhan Feri Singkil, Aceh Singkil 

* Tempat Ikat Tali Diganti Pohon Kelapa

SINGKIL - Pelabuhan Feri Pulau Banyak, Aceh Singkil, mengalami ke rusakan karena sudah tua dan keropos oleh karat. Pipa besi sebagai pengaman di sisi kanan jembatan patah. Tempat mengikatkan tali tambang feri di jembatan itu pun patah. Sebagai solusi sementara, agar tali kapal tetap bisa diikatkan di darat, tiang yang patah itu diganti dengan batang kelapa.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Singkil, Edi Hartono, saat memantau Pelabuhan Pulau Banyak, Minggu (3/3) mengatakan, rusakanya pelabuhan itu lantaran sudah lama dibangun sehingga tempat tambatan talinya maupun besi pengamannya patah. “Ya, karena keropos terkena air laut dalam usia yang sudah tua,” kata Edi.

Menurutnya, ke rusakan pelabuhan tersebut akan diperbaiki tahun ini. Anggaran untuk merehabilitasi maupun untuk pengembangan pelabuhan sudah disediakan sebesar Rp 3,7 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA). “Alhamdulillah kita dapat dana rehab Pelabuhan Pulau Banyak 3,7 miliar rupiah. Sumbernya dari APBA 2019,” ujar Edi.

Selain Pelabuhan Penyeberangan Pulau Banyak, rehab juga dilakukan pada Pelabuhan Penyeberangan Aceh Singkil di Pulau Sarok dengan pagu anggaran Rp 4,8 miliar. Sumber dananya juga dari APBA. “Jadi, ada dua pelabuhan kapal yang direhab di Aceh Singkil tahun ini. Semoga terlaksana sesuai rencana,” kata Edi Hartono.

Amatan Serambi, rencana rehab pelabuhan tersebut disambut antusias warga Pulau Banyak, mengingat pelabuhan merupakan infrastruktur utama di pulau tersebut, terutama dalam kaitannya dengan ke luar masuknya para turis asing dan domestik ke pulau yang sektor wisatanya semakin berkembang pesat itu.

Sementara itu, Serambi mendapat informasi bahwa Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT pada 6 Maret mendatang akan berkunjung ke Pulau Banyak. Salah satu agendanya adalah memantau kondisi pelabuhan feri di Pulau Banyak yang sebentar lagi memasuki fase rehabilitasi. (de)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved