Tahun Ini, PUPR Pidie Prioritaskan Bangun Jalan, Jembatan, dan Saluran Irigasi

Sedangkan rehab jalan di 27 lokasi senilai Rp 10 miliar sumber dana DOKA dan DAU 2019.

Tahun Ini, PUPR Pidie Prioritaskan Bangun Jalan, Jembatan, dan Saluran Irigasi
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Kadis PU-PR Pidie, Ir Samsul Bahri MSi. 

Laporan Idris Ismail I Pidie

SERAMBINEWS.COM SIGLI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Pidie berkomitmen menangani sejumlah proyek pembangunan infrastruktur prioritas pada 2019 berupa jalan, jembatan, irigasi serta biaya pembebasan tanah.

Pembangunan empat item utama itu melalui dukungan dana Otonomi Khusus (Otsus), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun berjalan 2019.

Kepala Dinas PU-PR Pidie Ir Samsul Bahri MSi kepada Serambinews.com, Rabu (6/3/2019) mengatakan, pembangunan skala prioitas pada empat item utama tersebut merupakan penjaringan aspirasi masyarakat di 23 kecamatan dalam Musrenbang.

"Untuk dana Otsus 2019 dengan alokasi dana Rp 31 miliiar difokuskan pada penanganan ruas jalan di 18 lokasi baik di Kecamatan Indrajaya, Pidie, kota Sigli, Kecamatan Mila, Padang Tiji,Simpang Tiga, Delima, Sakti, Glumpang Baro, Mutiara Timur, Titeu, Peukan Baro, Tiro /Truseb, Kembang Tanjong, Batee, Grong Grong, Glumpang Tiga, dan Tangse," sebutnya.

Baca: Polres Bekuk Seorang Pelaku, Kasus Polisi Duel Dengan Perampok di Aceh Barat

Baca: Cinta Terlarang Mantan Kepala Desa Berujung Pembunuhan, Pelaku Buang Mayat Kekasih di Kebun Jagung

Baca: Perampok ATM Hamburkan Uang di Jalan Usai Beraksi, Warga Berebutan, Satpam Kebingungan

Dari penanganan ruas jalan pihak pemerintah juga mengkucurkan dana Otsus tahun berjalan, Rp 2, 7 miliar untuk pembebasan lahan guna pelebaran badan jalan terutama di Kecamatan Kota Sigli, Pidie, dan Indra Jaya.

Sedangkan rehab jalan di 27 lokasi senilai Rp 10 miliar sumber dana DOKA dan DAU 2019.

Sementara untuk penanganan jembatan, di tujuh kecamatan pemerintah juga turut mengalokasikna dana Rp 17,1 miliar di Kecamatan Sakti, Padang Tiji, Batee, Delima, Mane, Bate, Mutiara dan Simpang Tiga dengan sumber dana Otsus

Sedangkan dari sumber Dana Alokasi Umum (DAU) pemerintah mengkucurkan Rp 1,2 miliar untuk membangun jembatan pada tiga lokasi baik di Padang Tiji, Glumpang Tiga, dan Batee.

Termasuk rehab jembatan kecil di 14 lokasi dengan menggunakan sumber anggaran yang sama senilai Rp 1,6 miliar.

Tak hanya itu saja, untuk rehabilitasi jaringan irigasi senilai Rp 14,2 miliar yang tersebar di 23 kecamatan.

"Semua berkas pembangunan dari tiga item sumber dana itu, kini dalam proses pengajuan dokumen tender ke Unit Lelang Pemerintah (ULP)," katanya.(*)

Penulis: Idris Ismail
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved