Tim Ekspedisi Metalik Tapaki Puncak Tertinggi di Krueng Sibubung Hulu Aceh Tenggara

Tim ekspedisi Metalik, menapaki puncak tertinggi gunung Krueng Sibubung Hulu yang berada di Aceh Tenggara.

Tim Ekspedisi Metalik Tapaki Puncak Tertinggi di Krueng Sibubung Hulu Aceh Tenggara
Dok: Metalik
Para pendaki anggota Tim Ekspedisi Krueng Sibubung, berfoto di halaman kampusnya, sebelum memulai perjalanan ke Aceh Tenggara, Jumat (15/2/2019). 

SERAMBINEWS.COM - Tim ekspedisi dari kelompok pecinta alam Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (Pa-LH METALIK) Unsyiah, Rabu siang (6/3/2019) berhasil menapaki puncak tertinggi gunung Krueng Sibubung Hulu yang berada di Aceh Tenggara.

“Tim yang berjumlah 8 orang pendaki, berhasil tiba di puncak tertinggi pada hari ketujuh belas pendakian,” kata Ketua tim pendakian, Novaria Putra.

Puncak Gunung Sibubung Hulu merupakan puncak tertinggi ketiga di Aceh dengan ketinggian 3.383 mdpl (meter dari permukaan laut).

Tim ekspedisi Metalik pun mengklaim sebagai tim pertama yang menjajaki puncak tanpa nama ini. “Ini merupakan kali pertama pembukaan jalur menuju puncak gunung tersebut,” kata Novaria Putra.

Tim Ekspedisi ini yang memulai pendakian pada 15 Februari 2019 lalu itu, diperkirakan akan tiba kembali di desa Tanjung Baru di Kecamatan Nurul Hasanah, Aceh Tenggara, dalam waktu empat hari ke depan.

Baca: Pemuda dan Waria Berjuluk Angel Vanessa Masih Ditahan, Begini Pengakuan Mereka Hingga Diciduk WH

Baca: Pria di Lampung Cabuli Anak Tirinya Selama 5 Tahun, Korban Tak Berani Lapor karena Diancam

Baca: All England 2019 - Tak hanya Marcus/Kevin, Ini 10 Unggulan yang Langsung Tersingkir di Babak Pertama

Ketua umum UKM PA-LH Metalik FEB Unsyiah, Rizqi Maulana, menyebutkan total jarak tempuh yang dilalui tim tersebut sejauh 28.5 km.

Kawasan krueng Sibubung Hulu ini merupakan kawasan inti Leuser (The Heart of Leuser), yang merupakan vegetasi hutan tropis terlengkap di dunia. Terdiri dari hutan batu ultra Basik, hutan batu kapur, hutan lumut, hutan hujan tropis, dan hutan perdu/cantigi.

Menurutnya, ini merupakan salah satu program ekspedisi terbesar Metalik untuk tahun ini.

Pihak Metalik pun menabalkan nama puncak Gunung Sibubung Hulu ini sebagai puncak Metalik, dengan meletakkan pilar di puncak gunung tersebut.

Dengan demikian, seluruh puncak gunung tertinggi di Aceh, telah berhasil ditapaki oleh Metalik dalam waktu 30 tahun berdirinya UKM tersebut.(*)

Penulis: Taufik Hidayat
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved