Dua WNA Masuk DPT Aceh

Dua Warga Negara Asing (WNA) ditemukan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Aceh Pemilu 2019. Tapi kini kedua nama WNA

Dua WNA  Masuk  DPT Aceh
IST
STAF Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara (Agara) belum lama ini melakukan verifikasi faktual kepada Ingrid Wilhelmia Maria, warga negara Belanda yang sebelumnya masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Aceh Pemilu 2019, di kediamannya Kampung Melayu Gabungan, Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara. 

* KIP Aceh: Sudah Kita Coret

BANDA ACEH - Dua Warga Negara Asing (WNA) ditemukan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Aceh Pemilu 2019. Tapi kini kedua nama WNA tersebut telah dihapus oleh penyelenggara Pemilu setelah dilakukan verifikasi faktual.

Kedua WNA ini bernama Ingrid Wilhelmia Maria, warga negara Belanda yang telah 20 tahun menetap di Kampung Melayu Gabungan, Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara. Dia juga pernah menikah selama tujuh tahun dengan warga lokal.

Satu lagi bernama Chen Hsin Hao, warga negara Taiwan. Dia diketahui sudah dua tahun menetap di Peunayong, Banda Aceh dan berprofesi sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi di Banda Aceh.

“WNA dari Belanda sudah tujuh tahun tinggal di sana (Aceh Tenggara) dan sudah pernah menikah dengan orang Aceh. Dia muslim dan selama ini mengajar Bahasa Inggris,” kata Anggota Panwaslih Aceh, Marini kepada Serambi, Jumat (8/3).

Pencoretan itu dilakukan karena kedua WNA ini belum beralih status kewarganegaraan. Marini mengaku heran kenapa WNA bisa masuk DPT.

Artinya mereka selama ini mereka sudah mengantongi KTP elektronik yang menjadi syarat memilih.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tenggara untuk menanyakan status Ingrid. “Menurut pihak Disdukcapil, Ingrid masih berstatus WNA,” kata Marini.

Karena itu, Panwaslih merekomendasikan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk mencoret dua WNA yang masuk DPT. “Kita minta KIP cek lagi datanya, tidak tertutup kemungkinan masih ada WNA di daerah lain yang masuk DPT,” pungkasnya.

Sudah dicoret
Terpisah, Ketua Perencanaan Data dan Informasi KIP Aceh, Agusni AH, mengatakan pihaknya telah mencoret nama dua WNA yang sebelumnya masuk dalam DPT Aceh Pemilu 2019 setelah dilakukan verifikasi faktual pada Kamis (7/3).

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved