Breaking News:

KIP Bireuen Sosialisasikan Proses Pungut Hitung dan Rekapitulasi Suara Pemilih

KIP Bireuen, Sabtu (9/3/2019) menggelar sosialisasi pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara hasil Pemilu kepada para pimpinan parpol.

Serambinews.com
Pimpinan parpol peserta Pemilu bersama pada penghubung parpol, Sabtu (9/3) mengikuti sosialisasi menyangkut pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara pemilih pada Pemilu 2019. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, Sabtu (9/3/2019) menggelar sosialisasi pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara hasil Pemilu kepada para pimpinan parpol serta penghubung parpol, di aula KIP Bireuen.

Ketua KIP Bireuen, Agusni SP MSi kepada Serambinews.com mengatakan, pihaknya menjelaskan kebijakan umum KPU dalam pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara, serta penerapan hasil perhitungan suara pada pemilu 2019. 

Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan teknis pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), sebagaimana PKPU nomor 3 dan PKPU nomor 4 tahun 2019.

Baca: KIP Aceh Sudah Coret WNA Masuk DPT

Baca: Panwaslih Gayo Lues Sidangkan Pelanggaran Pemilu, Caleg Nuraini Berstatuskan TMS

Baca: Kegiatan Tabligh Akbar Bersama Maruf Amin Sepi, Panitia: Maaruf Amin Batal Datang

Juga dibahas ketentuan suara sah dan tidak sah, termasuk metode Sainte Lague, dan penghitungan suara melalui tahapan-tahapan yang berbeda dibandingkan dengan pemilu legislatif 2014 lalu, yang saat itu menggunakan metode Bilangan Pembagi Pemilihan (BPP).

Pertemuan itu juga melayani tanya jawab, dan menjelaskan produk hukum atau PKPU menyangkut berbagai tahapan dalam pemungutan, perhitungan maupun rekapitulasi suara hasil Pemilu.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved