Secara Nasional, Ada 158 WNA Masuk DPT

BAWASLU (Badan Pengawas Pemilu) RI menemukan 158 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019

Secara Nasional, Ada  158 WNA Masuk DPT
IST
STAF Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara (Agara) belum lama ini melakukan verifikasi faktual kepada Ingrid Wilhelmia Maria, warga negara Belanda yang sebelumnya masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Aceh Pemilu 2019, di kediamannya Kampung Melayu Gabungan, Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara. 

BAWASLU (Badan Pengawas Pemilu) RI menemukan 158 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Namun demikian, Bawaslu masih mengategorikan data ini sebagai dugaan.

Data ini adalah data versi Bawaslu berdasarkan penelitian faktual tentang potensi WNA masuk DPT menyusul temuan 103 WNA masuk DPT oleh Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu. Data Bawaslu adalah data yang dihimpun per tanggal 8 Maret 2019.

“Hingga 8 Maret terdapat dugaan 158 orang berstatus WNA diduga masuk DPT,” kata Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin di kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (8/3).

Meski begitu, jumlah ini masih mereka kategorikan sebagai dugaan dan bukan hasil temuan di lapangan. Selanjutnya Bawaslu akan mencocokkan data dugaan mereka dengan data milik Dukcapil Kemendagri untuk melihat apakah 158 orang ini bagian dari temuan sebelumnya atau di luar itu. “Apakah benar-benar sudah bersih atau belum. Apakah benar-benar di luar 103 dari Dukcapil atau tidak,” kata dia.

Menurut Afifuddin, KPU RI dan Dukcapil Kemendagri mengadakan pertemuan membahas persoalan WNA tersebut. Bawaslu RI bakalmembawa temuan potensi dugaan 158 WNA masuk DPT ini untuk dibahas bersama. “Kami akan bawa data bawaslu yang 158 ini,” ungkapnya.

Sebelumnya KPU RI juga mengungkap telah mendapat data tambahan soal WNA masuk DPT dari laporan KPU Daerah. KPU kembali mencoret 73 nama WNA. Total, mereka sudah mencoret 174 WNA.

Sebanyak 73 WNA yang sudah dicoret itu berasal dari 25 negara dan tersebar di wilayah DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, NTT, Sulawesi Tengah, NTB, DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur.(Tribun Network)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved