Ratusan Murid Bertarung di OSN

Sebanyak 162 murid SD se-Banda Aceh, Sabtu (9/3), bertarung di Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Ratusan Murid Bertarung di OSN
SERAMBI/M NASIR YUSUF
KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Saminan Ismail, memantau pelaksanaan OSN tingkat Sekolah Dasar di SDN 24 Banda Aceh, Sabtu (9/3). 

BANDA ACEH - Sebanyak 162 murid SD se-Banda Aceh, Sabtu (9/3), bertarung di Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang dipusatkan di SD Negeri 24 Banda Aceh. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Dr Saminan Ismail MPd, mengharapkan kepada siswa agar mengikuti lomba OSN ini secara cermat.

Dikatakan, ajang OSN bukan hanya mencari menang atau kalah, tapi kegiatan ini dilaksanakan untuk mencari yang terbaik guna menjadi wakil Banda Aceh ke lomba serupa di tingkat provinsi yang akan digelar akhir Maret 2019. “Kalau hanya untuk menjadi juara, para peserta adalah juara dan terbaik di sekolah masing-masing,” kata Saminan memotivasi siswa, saat membuka kegiatan OSN tersebut, Sabtu (9/3).

“Coba bayangkan, dari ribuan siswa SD lainnya di Banda Aceh hanya kalian yang mewakili mereka ke olimpiade ini,” kata Dosen Fisika FKIP Unsyiah itu.

Yang harus diingat, kata Saminan, siapapun yang keluar sebagai juara di sini, akan menjadi duta Banda Aceh ke lomba OSN tingkt provinsi. “Kami berharap, anak-anakku tidak hanya menjadi yang terbaik di sini, tapi harus menjadi juara di tingkat provinsi hingga bakal mewakili Aceh ke OSN tingkat nasional yang akan dilaksanakan Juli 2019 mendatang,” tegas Saminan.

Pada kesempatan itu, Kadis Dikbud Banda Aceh juga mengharapkan agar pada tahun 2020 mendatang, OSN tidak hanya menyelesaikan soal tulis semata, tapi juga harus dengan ujian praktek dan pengenalan alat. “Kalau hanya dengan modal menjawab ujian tulis, saat diberikan ujian praktik akan mengalami kesulitan besar,” katanya.

Untuk itu, tambahnya, guru pembina dan kepala sekolah harus mempersiapkan siswa melakukan uji kreatifitas pada tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Marwan Fikry MPD mengatakan, peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) se-Banda Aceh berasal dari 67 SD Negeri dan 15 SD swasta. Kegiatan itu memperlombakan dua mata pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan matematika.

Dikatakan, olimpiade ini merupakan kegiatan agenda nasional yang dilaksanakan berjenjang mulai dari sekolah, rayon, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional.

Tujuan dari penyelenggaraan OSN adalah untuk membangkitkan budaya belajar di kalangan siswa. “OSN ini penting bagi siswa guna melatih diri di bidang sains,” katanya.(sir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved