TPA Langgien Tebar Bau Busuk

Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Gampong Langgien Tualada, Kecamatan Bandar Baru

TPA Langgien Tebar Bau Busuk
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NAZAR
Sampah menumpuk dan tebarkan bau busuk di pinggir jalan dekat Stadion Kuta Asan Sigli 

* Warga Minta Peninjauan Kembali

MEUREUDU - Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Gampong Langgien Tualada, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya (Pijay), dalam satu tahun terakhir telah menebar aroma busuk yang mengusik kenyamanan warga sekitar. Oleh karena itulah warga setempat berharap agar pemkab Pijay segera mencari solusi.

“Pemerintah Pijay mesti mencari solusi tepat agar TPA sampah itu tidak mengusik kenyamanan dan kesehatan warga. Saat ini telah menebar aroma busuk yang menyengat,” sebut T Guntara dan Sedy Miswar, dua warga Kecamatan Bandar Baru, Pijay, kepada Serambi, Minggu (10/3).

Saat ini letak TPA tersebut berada di pinggir ruas jalan yang dilintasi warga, bersisian dengan saluran irigasi. Malahan air limbah sampah dari pusat pasar Lueng Putu dan beberapa sampah dari pasar Kecamatan Trienggadeng yang dibuang telah mengalir ke saluran irigasi.

Dalam kondisi demikian, pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) patut menempatkan lokasi TPA ini ke tempat lain, karena sangat tidak layak berada pada sisi pemukiman masyarakat. Terlebih tumpukan sampah telah menggunung pada sisi bahu badan jalan.

“Apalagi pengelolaan selama ini sangat amburadul, sehingga mengabaikan kesehatan masyarakat di sekitarnya,” jelas T Guntara. Dampak bau yamg menyengat, aktifitas warga dalam beberapa ratus meter kini terpaksa terhenti. Petani yang hendak berkebun pun mengurungkan niatnya. Karena sudah mengganggu aktivitas warga, maka pemerintah diharapkan merelokasi TPA ini ke tempat yang lain yang lebih nyaman. “Pemerintah wajib peka dalam menyahuti persoalan ini sebelum berdampak melahirkan berbagai penyakit,” kata Guntara.

Menurut penelusuran Serambi, persoalan sampah ini ternyata tidak hanya mendera Pijay. Banda Aceh dan Aceh Besar juga merupakan kota/kabupaten yang belum bisa mengelola sampah warga dengan baik.

Kepala DLH Pijay, Syukri SPd kepada Serambi, Minggu (10/3) mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya segera mengerahkan armada untuk memindahkan tumpukan sampah yang kini telah menutupi bahu jalan. “Senin (11/3) hari ini kami relokasi seluruh sampah pada TPA Langgien ke TPA Blang Awee, Kecamatan Meureudu,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, DLH Pijay dalam waktu dekat juga melakukan penataan kembali pengelolaan sampah pada TPA Langgien agar tidak memunculkan atau menebar bauk busuk pada lingkungan warga. Selain itu, pihaknya juga akan mengatur volume pembuangan sampah ke masing-masing TPA. “Kami akan mengatur volume pembuangan sampah, dari kawasan Trienggadeng dapat dilakukan pembuangan ke lokasi TPA Blang Awe. Kami komit tetap melakukan pengawasan secara maksimal,” katanya.(c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved