DSI Seleksi Calon Qari

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Dr EMK Alidar SAg MHum, Senin (11/3), membuka seleksi calon qari-qariah Seleksi Tilawatil Quran

DSI Seleksi Calon Qari
Dr. EMK Alidar, S.Ag., M.Hum

* Untuk Dipersiapkan ke STQ Nasional

BANDA ACEH - Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Dr EMK Alidar SAg MHum, Senin (11/3), membuka seleksi calon qari-qariah Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) di gedung LPTQ Aceh. Di katakan, seleksi tersebut untuk memilih yang terbaik guna diikutkan dalam STQN yang akan diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat, Juni mendatang.

Disebutkan, seleksi akan berlangsung secara bertahap mulai 11 hingga 17 Maret 2019. Kepala DSI Aceh itu menyebutkan, seleksi peserta ini merupakan rangkaian atau proses untuk memilih calon qari qariah terbaik Aceh. Karenanya dia berharap agar peserta dapat mengikuti seleksi hingga selesai.

EMK Alidar yang juga Dosen Fakultas Syariah UIN Ar-Raniry Banda Aceh itu mengatakan, Pemerintah Aceh akan memberikan perhatian serius terhadap pembinaan dan pengembangan bagi para insan qurani. “Perhatian itu juga diberikan kepada peserta MTQ/STQ yang telah mengukir prestasi, dengan memberikan penghargaan dan bonus. Seperti hal nya para juara MTQ Nasional yang dilaksanakan di Medan, tahun lalu,” jelas Kepala DSI Aceh dalam keterangan tertulisnya yang diterima Serambi, kemarin.

Sebelumnya, Ketua pelaksana Drs H Ridwan Johan dalam laporannya menyampaikan, seleksi calon peserta STQN itu dilaksanakan dua tahap, masing-masing selama 3 hari, tahap I tanggal 11–13 Maret 2019 jumlah peserta sebanyak 30 orang. Tahap II, 15–17 Maret dengan jumlah peserta sama. Dari 60 peserta yang mengikuti seleksi, akan dipilih 18 peserta untuk mewakili Aceh ke STQN.

Selanjutnya, Imam Masjid Raya itu mengatakan, setelah terpilihnya 18 orang peserta, selanjutnya peserta yang lulus seleksi akan mengikuti training center (TC) yang akan berlangsung selama 40 hari, dimulai pada April 15 hari, Mei 15 hari dan Juni 10 hari.(mis)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved