Belum Ada Desa Cairkan Dana

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Drs Bukhari MM mengimbau kepada desa-desa

Belum Ada Desa Cairkan Dana
Serambi Indonesia
DPRK Panggil Pejabat Pemkab soal Dana Desa 

* Tahap I Sebesar 20 Persen

BANDA ACEH - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Drs Bukhari MM mengimbau kepada desa-desa yang telah menyelesaikan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahap III tahun 2018 untuk segera mempersiapkan pencairan dana desa tahun 2019 tahap I sebesar 20 persen.

“Menurut laporan penyaluran dana desa tahap I yang kami terima dari kabupaten/kota, sampai 12 Maret 2019 kemarin, belum ada satu desa pun yang telah menarik atau mencairkan dana desa tahap I sebesar 20 persen,” ungkap Bukhari kepada Serambi, Selasa (12/3), ketika dimintai penjelasannya terkait pencairan dana desa tahap I tahun 2019.

Jumlah dana desa tahun 2019 yang dialokasikan pemerintah pusat untuk 6.497 desa di Aceh nilainya Rp 4,955 triliun, lebih besar dari dana desa tahun lalu yang hanya Rp 4,4 triliun.

Dana desa sebesar itu, kata Bukhari, dalam penyalurannya dibagi tiga tahap. Tahap I sebesar 20 persen, tahap II sebesar 40 persen, dan tahap III sebesar 40 persen. Pembagian tahapan penyaluran dana sampai tiga kali, menurut Bukhari, supaya pihak desa dalam pelaksanaan kegiatan program kerja tahunan bisa berjalan sesuai tahapan. Tahap pertama, persiapan dan perencanaan, hanya butuh dana 20 persen, maka diberikan penarikan dana sebesar 20 persen.

Untuk pencairan dana desa tahap I sebesar 20 persen, dari pagu yang ditetapkan masing-masing kabupaten/kota untuk desa, kata Bukhari, sampai kini belum ada desa di Aceh yang telah mencairkannya.

“Hal ini membuat kami menjadi heran, kenapa sudah bulan Maret belum ada satu desa pun yang menarik dana desa dari rekening keuangan daerah ke rekening desa,” kata Bukhari. Sementara itu, berdasarkan laporan Kantor Perbendaharaan Keuangan Negara, dari 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh, sudah ada 18 daerah yang menarik jatah dana desa tahap I sebesar 20 persen dari rekening keuangan negara ke rekening daerahnya.(Lihat, Tarik Dana Tahap 1). Sisanya atau sebanyak 5 kabupaten/kota lagi belum melakukan pencairan dari Kantor Perbendaharaan Keuangan Negara.

Bukhari berharap 18 kabupaten/kota yang sudah menarik dana tahap I sebesar 20 persen, lebih proaktif untuk mengimbau desa-desa segera mempersiapkan penarikan dana desa tahap I sebesar 20 persen. Sedangkan bagi 5 kabupaten lagi yang belum mencairkan dana desa tahap I, segera mempersiapkan penarikannya.

“Menurut aturan, dana desa yang sudah ditarik dari rekening keuangan negara hanya boleh disimpan di rekening keuangan daerah, satu minggu atau tujuh hari kerja. Setelah itu, harus sudah disalurkan ke rekening desa,” kata dia. Biasanya, kata Bukhari, daerah yang telah menarik dana desa dari rekening keuangan negara ke rekening keuangan daerah, desa-desanya sudah siap menerima pencairan dana desa tahap I. “Pemko dan pemkab sudah selesai buat perwal dan perbup penggunaan dana desa 2019 dan fokus kegiatannya,” kata dia.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved