Distan dan LSM Flora Jalin Kerjasama

Dinas Pertanian (Distan) Bireuen kerjasama dengan LSM Flora dan Fauna berhasil meningkatkan produksi

Distan dan LSM Flora Jalin Kerjasama
IST
KABID PSP Dinas Pertanian Bireuen, Dedi Suheri STP melihat demplot padi warga yang menggunakan Ground-E di Desa Lancok Bungo, Kecamatan Peulimbang, Bireuen.

LHOKSUKON - Dinas Pertanian (Distan) Bireuen kerjasama dengan LSM Flora dan Fauna berhasil meningkatkan produksi panen di beberapa titik demplot dalam tiga kecamatan di kabupaten itu, setelah menggunakan nutrisi Ground-E dan hanya pupuk Urea. Masing-masing di Desa Paya Meuneng dan Desa Paya Aboe, Kecamatan Peusangan, serta Desa Lancok Bungo, Kecamatan Peulimbang dan Peudada.

“Kali ini, saya menggunakan nutrisi Ground-E 6 kilogram (kg) dan pupuk urea 250 kg untuk satu hektare areal sawah. Alhamdulillah bisa mendapatkan sekitar 10 ton lebih,” ujar Israyuddin (35) warga Desa Lancok Bungo, kepada Serambi kemarin. Sedangkan sebelumnya rata-rata 8 ton per hektare. Padahal sudah menggunakan pupuk lengkap, urea 300 kilo, ZA 100 kilo, dan NPK Phonska 250 kilo ditambah perangsang tanaman.

Keuchik Paya Aboe, Fajri kepada Serambi menyebutkan, panen yang diperoleh tahun ini juga meningkat dengan ujicoba Ground-E. “Selama ini di petak sawah kecil, saya hanya bisa panen 440 kg lebih. Tapi panen kali ini di petak sawah itu, hasilnya capai 572 kilo,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Bireuen, Muhammad Nasir SP MSM didampingi Kabid PSP, Dedi Suheri STP menyebutkan, kerjasama dengan LSM Flora dan Fauna dalam rangka meningkatkan produksi padi. “Ground-E nutrisi tanaman yang lengkap unsur hara esensial, makro dan mikro,” katanya.

Sementara Ketua LSM Flora dan Fauna, Darwis menyebutkan, nutrisi tanaman itu sudah banyak digunakan petani di Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen dan Sigli. “Dengan menggunakan urea dan Ground-E, sudah bisa mendapatkan hasil yang optimal. Apalagi kalau ditambah NPK, tentu hasilnya lebih maksimal lagi,” pungkas Darwis.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved