Bupati Buka Musabaqah Tilawatil Quran ke -34 Aceh Selatan

Bupati Aceh Selatan, H Azwir SSos, Sabtu (16/3) malam, resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)

Bupati Buka Musabaqah Tilawatil Quran ke -34 Aceh Selatan
IST

TAPAKTUAN - Bupati Aceh Selatan, H Azwir SSos, Sabtu (16/3) malam, resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 tingkat kabupaten tersebut. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Gunung Emas (GEMA) Kampung Jilatang, Kecamatan Samadua ini diawali dengan Pawai Ta’aruf, di mana pesertanya dilepas oleh Wakil Bupati (Wabup), Tgk Amran.

Iring-iringan peserta Pawai Ta’ruf yang diikuti masing-masing kafilah dan ofisial dari 18 kecamatan itu mendapat pengawalan ketat dari mobil Patwal Satlantas Polres Aceh Selatan. Sebelum sampai di lokasi MTQ di Gampong Jilatang, iring-iringan peserta disambut Bupati Aceh Selatan, H Azwir SSos beserta Forkopimda di panggung utama yang berada di sisi Jalan Nasional Tapaktuan-Blangpidie.

Setelah penyambutan langsung dilanjutkan dengan acara pembukaan oleh Bupati H Azwir SSos. Dalam sambutannya, Bupati Azwir menyampaikan bahwa, MTQ Ke-34 tingkat Kabupaten Aceh Selatan itu merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat. Namun begitu, ucapnya, acara tersebut jangan cuma menjadi sebuah tradisi tanpa ada pesan dakwah apapun terkandung di dalamnya.

“Di setiap penyelenggaraan MTQ seperti saat ini, sepatutnyalah kita untuk senantiasa memperbaharui dan memantapkan niat bahwa menyelenggarakan MTQ adalah dalam rangka ibadah, karena yang dimusabaqahkan adalah kalam dan firman Allah SWT,” papar Bupati Azwir.

Sementara itu, Ketua Umum MTQ XXXIV Tingkat Kabupaten Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini akan berlangsung mulai 16 Maret hingga 22 Maret 2019 dengan mengusung tema ‘Dengan MTQ kita tingkatkan semangat mendalami ilmu Alquran’. Untuk peserta MTQ, rincinya, berjumlah 556 orang yang berasal dari seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Adapun cabang yang diperlombakan, lanjutnya, yakni cabang tilawatil Quran, qiraah saba’ah, tartil, fahmil Quran, makalah Quran, syarhil Quran, tahfiz Quran, dan qatil Quran. “Adapun jumlah dewan hakim sebanyak 38 orang dari masing-masing cabang termasuk dewan hakim dari provinsi 5 orang, dengan jumlah pemondokan 38 rumah,” papar Nasjuddin yang juga Sekda Aceh Selatan itu.

Ketua Harian MTQ Ke-34 yang juga Kadis Syariat Islam Aceh Selatan, Ustad Indra Hidayat SAg MAg menambahkan, pembukaan MTQ kemarin malam tersebut dimeriahkan dengan penampilan qari internasional, Ustad H Hamli Yunus SAg. “Kita rencanakan pada malam penutupan nanti, akan hadir Ustaz Qadarasman Rasyid SHum yang merupakan juara 1 MTQ Internasional di Iran dan juga Imam Masjid Istiqlal Jakarta,” pungkasnya.(tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved