Wali Kota Subulussalam Dilantik 6 Mei

Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Subulussalam, H Affan Alfian Bintang dan Salmaza

Wali Kota Subulussalam Dilantik 6 Mei
SAIFULLAH ABDULGANI,Jubir Pemerintah Aceh

SUBULUSSALAM - Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Subulussalam, H Affan Alfian Bintang dan Salmaza, dijadwalkan akan dilantik pada 6 Mei 2019. Jadwal pelantikan tersebut sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam periode 2014-2019.

Kepastian itu disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) saat dihubungi Serambi, Minggu (17/3). Sebenarnya, dia katakan, Pemerintah Aceh telah membuat skedul pelantikan Affan Alfian Bintang dan Salmaza pada 5 Mei 2019, sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Merah Sakti-Salmaza.

“Namun karena tanggal 5 Mei itu bertepatan hari Minggu, sehingga jadwal digeser menjadi Senin, 6 Mei 2019,” ucapnya. Ia juga memastikan tidak akan ada rencana penundaan pelantikan.

Surat Keputusan (SK) pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Subulussalam dia katakan saat ini sedang dalam proses pembuatan. Ia pun meminta agar segala persiapan pelantikan agar dimatangkan. “Intinya sejauh ini belum ada alasan penundaaan jadwal pelantikan,” pungkasnya.

Sekdako Subulussalam, Damhuri, sebelumnya juga menyampaikan bahwa pelantikan akan dilaksanakan sesuai jadwal. Karena itu pihaknya melakukan segala persiapan. “Saat ini segala persiapan sudah lengkap, yakni di Sekretariat Dewan (Setwan),” ucapnya.

Pernyataan yang sama juga dikemukakan Asisten Setdako Subulussalam M Ya’kub KS. Dia menuturkan, nanti menjelang pelantikan akan ada rapat lagi di porvinsi. “Sejauh ini dari provinsi baru berupa instruksi tentang persiapan pelantikan. Kendati demikian persiapan SK panitia pelantikan di Setdako Subulussalam belum dibuat,” ungkap M Ya’kub.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam menetapkan pasangan Affan Alfian Bintang dan Salmaza (BISA) sebagai pasangan calon terpilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam 27 Juni lalu. Penetapan paslon usungan Hanura, PAN, PKPI dan PNA ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka KIP Subulussalam, Senin (13/8/2018).

Dalam berita acara rapat pleno disebutkan pasangan nomor urut 5 atau Bisa meraih suara terbanyak yakni sebanyak 19.211 atau 41,59 persen dari total suara sah. Raihan ini disusul pasangan nomor urut 2, Sartina/Dedi Anwar Bancin 13.679 suara. Lalu pasangan nomor urut 3 Asmaudin/Asmidar meraih 11.933 suara dan pasangan nomor urut 4 Ansari/Sabarudin 1.221 suara serta pasangan nomor urut 1 Jalaluddin/Wagiman 139 suara .

Sekadar di ketahui, Affan Alfian Bintang merupakan mantan Wakil Wali Kota Subulussalam perdana kala itu berpasangan dengan Merah Sakti dan disebut dengan ‘Sabit’. Di Pilkada perdana tahun 2008, Sakti-Bintang atau Sabit menjadi pemenang dengan selisih 193 suara dari rivalnya Asmauddin-Salmaza alias Assalam.

Sementara Salmaza merupakan Wakil Wali Kota Subulussalam berpasangan dengan Merah Sakti dalam pilkada 2013 lalu. Tahun 2018 kemarin, kedua mantan wakil wali kota alias mantan Merah Sakti bersatu bertarung di Pilkada 27 Juni 2018 dan menang. Salah satu calon yang menjadi rival berat Bintang-Salmaza adalah pasangan Sartina-Dedi Anwar Bancing yang tak lain istri Merah Sakti.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved