Breaking News:

Warga Alue Naga Panen Tiram

Warga yang tergabung dalam kelompok budidaya tiram di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala

Editor: bakri
IST
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota, Zainal Arifin meninjau lokasi panen tiram milik kelompok budidaya tiram di Gampong Aue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Selasa (19/3). 

BANDA ACEH - Warga yang tergabung dalam kelompok budidaya tiram di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Selasa (19/3), melakukan panen tiram di keramba kelompok tersebut.

Hadir pada kegiatan itu Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama Wakil Wali Kota Zainal, dan didampingi Asisten III Bachtiar, beserta sejumlah SKPK, meninjau langsung hasil panen perdana salah satu dari tiga kelompok binaan Pemko Banda Aceh, di gampong itu. “Ini adalah tahap percontohan. Kedepan akan kita kembangkan lebih besar lagi,” ungkap Aminullah.

Dikatakan, program budidaya tiram berawal ketika ia melihat penongkah tiram di daerah Alue Naga. Terlebih, setelah seorang warga berharap ada solusi agar mereka tidak lagi mencari tiram dengan cara manual yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun.

“Dari perihal itu pihak Pemko melakukan studi banding ke Jepang, guna mengembangkan budidaya tiram tersebut. Hasilnya sangat memuaskan. Hari ini, kita menyaksikan langsung di keramba ini sudah menuai hasil lebih baik dibandingkan dengan cara sebelumnya (berendam). Hasilnya tiga kali lipat dari hasil biasanya,” jelas Aminullah.

Dia berharap, masyarakat yang tinggal daerah pesisir memberikan dukungan terhadap progam Pemko itu. “Kita harapkan kedepannya panen akan dilakukan pada level yang besar, panen bisa dilakukan setiap pekannya bahkan bisa setiap hari dengan bertambahnya juga volume keramba ini,” kata Wali Kota.

Di tempat yang sama, Mukhrami selaku ketua kelompok budidaya tiram menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kota Banda Aceh atas partisipasi. “Alhamdulillah program ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi disini, dari hasil panen ini nanti kita berikan kepada ibu-ibu yang bekerja menongkah tiram itu,” ungkapnya.(mir)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved