Calon Peserta MTQ Provinsi Ikut TC

Sebanyak 154 calon peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 tingkat Provinsi Aceh mengikuti Training Center (TC)

Calon Peserta MTQ Provinsi Ikut TC
SERAMBINEWS.COM/Panitia MTQ
Calon peserta MTQ ke 34 tingkat provinsi Aceh mengikuti Training Center (TC) di MUQ Tijue, Sigli, Selasa (19/3). 

SIGLI - Sebanyak 154 calon peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 tingkat Provinsi Aceh mengikuti Training Center (TC) di Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Tijue, Sigli, selama tiga hari, dari Senin (18/3) hingga Rabu (20/3). Kegiatan ini digelar Pemerintah Kabupaten melalui Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ).

MTQ ke 34 tingkat Provinsi Aceh direncanakan berlangsung di Kota Sigli pada pertengahan Juli 2019. Ketua panitia seleksi dan TC yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Pidie, H Teuku Sabirin SH MM, Selasa (19/3) mengatakan, jumlah peserta TC sebanyak 154 orang.

Mereka adalah para juara satu dua dan tiga pada MTQ tingkat kabupaten di Kecamatan Mila, Pidie beberapa waktu lalu. Kafilah Kabupaten Pidie ini diperkirakan berjumlah 56 orang dan hasil TC akan dipilih lagi para juara terbaik untuk mewakili Pidie ke MTQ provinsi.

Sedangkan penguji TC, antara lain qari internasional seperti H Hamli Yunus SAg dan kedua Nazirah Hasan yang pernah menjuarai MTQ cabang tilawah di tingkat internasional. Meskipun waktu pelaksanaan TC sangat singkat, dia berharap para peserta benar-benar memanfaatkan kesempatan ini dengan disiplin waktu.

“Mereka yang terbaik akan berhak menjadi peserta MTQ tingkat Provinsi dan kita harap ilmu yang diperoleh, yang diberikan oleh pelatih betul-betul optimal,” ujarnya. Dia juga berharap, dari pelaksanaan TC ini kafilah Pidie bisa bersaing dengan daerah-daerah lainnya untuk meraih prestasi.

Dalam TC ada tujuh cabang diuji yakni tilawah, tahfiz, syarhil, fahmil, Khattil, menulis masalah Quran dan tafsir. “Semua cabang terdiri peserta putra dan putri,” katanya.

?Pelaksanaan TC MTQ ini sebelumnya dibuka oleh Wabup Pidie, Fadhlullah TM Daud ST yang juga Ketua LPTQ mengharapkan supaya calon peserta bisa tampil maksimal. “Mereka yang bagus berhak jadi peserta MTQ untuk mewakili Pidie,” ujarnya.(aya)

Tags
Calon
MTQ
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved