Harga Pangan di Aceh dan 81 Kota di Indonesia Bisa Dicek Melalui Aplikasi Ini

Selain pasar tradisional, juga tersedia informasi harga pangan dari pasar modern, pedagang besar dan produsen

Harga Pangan di Aceh dan 81 Kota di Indonesia Bisa Dicek Melalui Aplikasi Ini
Play Store
Aplikasi PIHPS ini dapat didownload secara gratis pada Play Store maupun App Store, yang menampilkan harga pangan di 82 kota di Indonesia, termasuk Aceh 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Bank Indonesia (BI) dan pemerintah sudah meresmikan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional pada 2017 lalu.

Aplikasi PIHPS ini dapat didownload secara gratis pada Play Store maupun App Store, yang menampilkan harga pangan di 82 kota di Indonesia, termasuk Aceh.

Informasi yang diperoleh Serambinews.com dari Kantor Perwakilan BI Aceh, Sabtu (23/3/2019), masyarakat Aceh dapat mengetahui informasi harga pangan yang diupdate tiap hari oleh Tim BI dari sejumlah pasar yang ada di Banda Aceh (pasar di Ulee Kareng dan Peunayong), Lhokseumawe (pasar kota dan pasar inspres), dan Meulaboh (pasar lapang dan ujong baroe).

Baca: Festival Kanduri Laot Siap Digelar di Sabang, Catat 30 Maret Ada Boat Night Exhibition

Selain pasar tradisional, juga tersedia informasi harga pangan dari pasar modern, pedagang besar dan produsen.

Pada Aplikasi tersebut tersedia informasi harga untuk 10 komoditi pangan, yaitu beras (beras kualitas bawah I, kualitas bawah II, kualitas medium I, kualitas medium II, kualitas super I, kualitas super II).

Daging ayam (daging ayam ras segar), daging sapi (kualitas I dan kualitas 2), telur ayam (telur ayam ras segar), bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng, dan gula pasir (kualitas premium dan gula pasir lokal).

Amatan Serambinews.com, harga kesepuluh komoditi pangan tersebut ditampilkan dalam ukuran kilogram (kg).

Selain itu, masyarakat juga dapat melihat perkembangan harga pangan dari masing-masing komoditi kurang lebih selama seminggu terakhir.

Baca: Raon One Day Trail Adventure Diharapkan Dongkrak Wisata Banda Aceh

Dilansir dari Kompas.com, Gubernur BI, Agus DW Martowardojo menyampaikan pengembangan PIHPS Nasional ditujukan untuk memberikan akses informasi harga pangan terkini bagi masyarakat dan sekaligus mendukung perumusan kebijakan pengendalian inflasi.

Inisiatif pengembangan PIHPS Nasional ini sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia pada acara Sinergi Aksi Ekonomi untuk Rakyat di Brebes 11 April 2016.

Saat itu, Presiden menyatakan perlu dikembangkannya sistem informasi pangan dan sistem koordinasi pengendalian harga pangan dalam skala nasional.(*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved