Jalan Menuju Makodim Abdya Nyaris Putus Total, Saluran Irigasi di Lokasi Terancam Ambruk

Lintasan dari dan ke Makodim 0110 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), nyaris saja putus total akibat badan jalan aspal mengalami longsor semakin parah.

Jalan Menuju Makodim Abdya Nyaris Putus Total, Saluran Irigasi di Lokasi Terancam Ambruk
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Badan jalan aspal dari dan ke Makodim 0110 Abdya di lokasi Lhok Kayee Matee, Blangpidie, nyaris putus, Sabtu (23/3/2019) akibat peristiwa longsor yang semakin parah. Bila tidak segera ditangani, bukan saja memutuskan akses jalan, tapi saluran Irigasi Krueng Susoh di lokasi terancam ambruk. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Lintasan dari dan ke Makodim 0110 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), nyaris saja putus total akibat badan jalan aspal mengalami longsor semakin parah. 

Peristiwa longsor badan jalan di lokasi Lhok Kayee Matee, Gampong Keude Siblah, Blangpidie juga sangat mengancam ambruknya saluran Irighasi Krueng Susoh di titik lokasi.

Amatan Serambinews.com di lokasi, Sabtu (23/3/2019) permukaan aspal di lokasi hanya tersisa dengan lebar sekitar 1 meter lagi sehingga sangat berbahaya dilalui kendaraan.

Dinas Perhubungan sudah memasang tanda agar pengguna jalan berhati-hati melintas di lokasi tersebut.

Jakfar, salah seorang warga Desa Keude Paya, Blangpidie kepada Serambinews.com menjelaskan, peristiwa longsor badan jalan di lokasi Lhok Kaye Matee atau jalur dari dan ke Makodim 0110 Abdya, terjadi Maret 2018 lalu, menyusul tingginya curah hujan saat itu.

Baca: Jalan Rusak di Tiga Kecamatan

Baca: Protes Jalan Rusak, Masyarakat Buat Kuburan di Tengah Jalan

Baca: Perbaikan Jalan Rusak Rp 700 Miliar

Peristiwa longsor susulan terus terjadi ketika tinggi curah hujan sehingga badan jalan aspalambruk  sepanjang 10 meter ke dalam jurang dengan ke dalaman  sekitar 7 meter.

Peristiwa longsor badan semakin parah sehingga permukaan aspal yang tersisa dengan lebar sekitar 1 meter itu hanya dapat  dilalui kendaraan sepeda motor (sepmor).

Kendaraan roda empat jenis minibus melintas ektra hati-hati karena harus turun ke bahu jalan arah saluran irigasi.  

Malahan kendaraan truk tidak berani lagi melewati jalur tersebut, melainkan harus menggunakan akses jalan melingkar, yaitu melalui Babah Lhok. 

Warga mengatakan, bila tidak segera ditangani, maka peristiwa yang semakin parah bukan saja memutuskan akses jalan dari dan ke Makodim Abdya, tapi saluran Irigasi Krueng Susoh ikut ambruk bersama badan jalan di lokasi.

Dan, bila kemungkinan buruk tersebut menjadi kenyataan, maka ribuan hektare tanaman padi sawah MT Gadu 2019 yang baru berumur sekitar satu bulan di kawasan Kecamatan Blangpidie dan Setia akan terhenti pasokan kebutuhan air. (*)   

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved