Pemko Bangun Taman Lokomotif

Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh berencana membangun kembali Taman Lokomotif Kereta Api Aceh

Pemko Bangun Taman Lokomotif
Wali Kota Banda Aceh

* Di Taman Depan Masjid Raya Baiturrahman

BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh berencana membangun kembali Taman Lokomotif Kereta Api Aceh. di lokasi stasiun awal, persis di taman depan Masjid Raya Baiturrahman. Diperkirakan untuk membangun taman lokomotif itu, menghabiskan anggaran Rp 3 miliar.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, ide dasar pembangunan Taman Lokomotif Kereta Api Aceh itu untuk mengenang masa kejayaan kereta api sebagai transportasi utama rakyat. Keberadaan kereta api di Aceh, mencapai 100 tahun. Dimulai 12 Agustus 1876 dan berakhir tahun 1976.

“Selama satu abad ‘pengabdian’ di Aceh, menjadikan kereta api sebagai moda transportasi primadona. Untuk itu, kita mencoba mengenang masa kejayaan tersebut dengan membangun Taman Lokomotif Kereta Api Aceh,” kata Aminullah kepada Serambi, Jumat (22/3), di Pendopo Wali Kota, sambil menambahkan jika taman selesai dibangun, maka lokomotif kereta api yang kini berada di halaman Swalayan Barata akan dipindahkan ke lokasi baru.

Dia menambahkan, selain memindahkan lokomotif ke taman baru, di lokasi Taman Lokomotif Kereta Api Aceh itu juga nantinya dibangun berbagai fasilitas lain, seperti tempat duduk bagi warga kota maupun wisatawan yang berkunjung ke lokasi itu.

Wali Kota optimis, jika taman lokomotif itu selesai dibangun, akan menjadi lokasi tempat wisata baru bagi warga kota maupun wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh. Selama ini, katanya, objek wisata yang menjadi andalan Kota Banda Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman dengan payung buka tutup nya yang besar dan indah, Museum Tsunami, Kompleks Kapal Apung, Museum Rumoh Aceh, Gunongan, Makam Sultan Iskandar Muda, Makam Syech Abdurrauf, pinggiran Krueng Daroy dan Krueng Aceh yang sudah direvitalisasi.

Lebih juah, Aminullah mengatakan, dirinya terus akan melakukan gebrakan untuk membuat Kota Banda Aceh menjadi Kota Gemilang sebagai mana yang dijanjikan dalam visi dan misi kampanye. Beberapa sisi kota yang bisa diubah menjadi tempat yang menyenangkan bagi warga kota dan wisatawan, akan disulap menjadi lokasi wisata baru.

“Sudah beberapa sisi kota dibenahi dan kini menjadi indah. Seperti pinggiran Krueng Daroy dan Krueng Aceh. Sebagian, sudah diubah menjadi tempat wisata kuliner baru,” ujarnya.

Tahap Awal Pembuatan Desain
Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Banda Aceh, Ir Jalaluddin MT mengatakan, rencana Pemerintah Kota membangun Taman Lokomotif Kereta Api Aceh, selain untuk menambah lokasi wisata bagi warga, juga sebagai upaya mengenang kereta api sebagai moda transportasi yang sempat jaya di Aceh.

Dikatakan, untuk pembangunan taman itu sendiri diperkirakan menghabiskan dana Rp 3 miliar. Sumber dananya dari APBK Banda Aceh atau sumber lainnya. “Untuk tahap awal kita kerjakan dulu desainnya tahun ini. Insya Allah tahun depan pelaksanaan fisiknya,” jelas Jalaluddin yang juga Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

Namun begitu, tambahnya, jika ada pihak perbankan yang siap membiayai pembangunan taman lokomotif tersebut, Pemko akan laksanakan tahun ini juga. “Infonya Bank Aceh Syariah melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) akan membiayai pembangunan Taman Baru Kota Lokomotif Kereta Api Aceh ini,” pungkas Jalaluddin.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved