SKPK Diberikan Pelatihan e-Planning dan Budgeting

Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Bener Meriah, Jumat (22/3), diberikan pelatihan dan sosialisasi tentang

SKPK Diberikan Pelatihan  e-Planning dan Budgeting
SERAMBINEWS.COM/SARI MULIYASNO
Jajaran satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) di Simeulue, mengikuti pelatihan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) di Aula Bappeda Simeulue, Senin (18/12/2017). 

REDELONG - Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Bener Meriah, Jumat (22/3), diberikan pelatihan dan sosialisasi tentang e-Planning dan e- Budgeting yang berlangsung di aula Setdakab, Jumat (22/3).

Sekda Bener Meriah, Kahrun Aksa, menyampaikan, e-planning dan e-budgeting merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan untuk memfasilitasi proses perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah.

Menurut Sekda, ketersediaan informasi di dalam e-planning dan e-budgeting akan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pembangunan dan diharapkan dapat menjaring masukan dalam penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah.

Dalam prinsip-prinsip e-planning diharuskan adanya partisipasi dari masyarakat, sehingga seorang kepala daerah harus memiliki kedekatan dengan masyarakatnya. “Bukan saja secara politik, tetapi juga kedekatan secara emosional dan sosial budaya,” ucapnya.

E-planning dan e-budgeting juga penting untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah melalui penguatan ketersediaan informasi pembangunan yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara Sekretaris Bappeda Bener Meriah, Muhammad Junaidi, selaku panitia kegiatan menyebutkan, acara sosialisasi dan pelatihan e-planning dan e-budgeting akan berlangsung selama dua hari terhitung sejak tanggal 22 hingga 23 Maret 2019 di Aula Sekretariat Daerah. Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah dari tim UPT Smart City Jakarta, tim dari Provinsi, dan tim dari KOMPAK.(c51)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved