Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KIP Banda Aceh Gaet Kalangan Santri Hingga Penyintas Kanker

Penyelenggara pemilu di berbagai daerah terus menjajaki sosialisasi ke berbagai segmen masyarakat guna meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu.

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KIP Banda Aceh Gaet Kalangan Santri Hingga Penyintas Kanker
HUMAS KIP BANDA ACEH
Ketua Divisi Teknis Pemilu KIP Banda Aceh Hasbullah Yunur memberikan edukasi tentang pemilu kepada santri di Pondok Pesantren Madinatul Fata Banda Aceh, Sabtu (23/3/2019). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Perhelatan Pemilu serentak 17 April 2019 tinggal menghitung hari.

Penyelenggara pemilu di berbagai daerah terus menjajaki sosialisasi ke berbagai segmen masyarakat guna meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu mendatang.

Salah satu upaya ini dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh dengan mengunjungi Pondok Pesantren Dayah Madinatul Fata Banda Aceh, Yayasan Rumoh Singgah Kanker, dan Penyandang disabilitas pada Sabtu, (23/3/2019).

Kunjungan tersebut merupakan langkah massif yang dilakukan KIP Banda Aceh untuk menyentuh segmen pemilih khusus guna menaikkan angka partisipasi pemilih pada pemilu mendatang.

“Sosialisasi ini kita lakukan secara massif sejak beberapa bulan lalu, dari mulai segmen pemilih strategis, seperti pemilih pemula, perempuan, hingga para penyandang disabilitas, santri, bahkan penderita kanker,” kata Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady.

Indra dihadapan para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Pusat Pemilihan Umum Akses Disabilitas (PPUA) menegaskan komitmen KIP Banda Aceh untuk meningkatkan pelayanan kepada pemilih disabilitas pada 17 April mendatang.

“Sosialisasi ini penting kami lakukan, untuk meningkatkan pemahaman para penyandang disabilitas tentang pemilu, dan kami ingin pastikan bahwa penyandang disabilitas memiliki kemudahan dalam mengakses TPS. Para penyandang disabilitas tidak perlu dibuat TPS khusus, karena pada dasarnya mereka ingin diperlakukan sama dengan pemilih lainnya,” ujar Indra.

Baca: KIP Banda Aceh Tetapkan 7 Lokasi Kampanye Terbuka, Ini Tempatnya    

Baca: KIP Banda Aceh Ajak Ngopi Santri dan Mahasiswa

Baca: Jelang Pemilihan, KIP Banda Aceh Temukan 638 Surat Suara Rusak

Indra juga menyampaikan sejumlah informasi terkait pemilu.

Misalnya, akan ada lima surat suara yang dicoblos, perbedaan kode warna setiap surat suara, hingga calon-calon yang dapat dipilih di pemilu mulai dari DPRK, DPRA, DPRA, DPR RI, DPD hingga capres-cawapres.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved