Anak Orangutan Dievakuasi, Lokasinya Tidak Jauh dari Orangutan 'Hope' yang Ditembak 74 Peluru

Individu orangutan betina ini ditemukan di perkebunan sawit Desa Namo Buaya, Kecamatan Sultan Daulat, Subulusalam, Aceh

Anak Orangutan Dievakuasi, Lokasinya Tidak Jauh dari Orangutan 'Hope' yang Ditembak 74 Peluru
Kompas.com/Raja Umar
Pertiwi dibawa dari perkebunan sawit milik warga untuk dilakukan pemeriksaan. 

SERAMBINEWS.COM - Seekor anak orangutan yang diperkirakan berusia tujuh tahun berhasil dievakuasi oleh tim dari BKSDA Aceh, HOCRU OIC, dan WCS-IP.

Individu orangutan betina ini ditemukan di perkebunan sawit Desa Namo Buaya, Kecamatan Sultan Daulat, Subulusalam, Aceh, tidak jauh dari Hope, orangutan yang sempat kritis karena berbagai luka dan 74 peluru yang bersarang di tubuhnya.

Baca: Kampanye Terbuka Dimulai, Ini Jadwal dan Tempatnya

"Tim penyelamat yang terdiri dari BKSDA Aceh, HOCRU OIC, dan WCS-IP berhasil mengevakuasi orangutan tersebut, yang selanjutnya diberi nama Pertiwi," ucap Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji, dalam sebuah rilis.

Lebih lanjut Aji juga menjelaskan bahwa Pertiwi ditemukan dalam kondisi lemah. Dengan tangan kanan yang kurang responsif. Sehingga tim memutuskan untuk melakukan evakuasi tanpa menggunakan tembakan bius yang bisa saja justru membahayakan Pertiwi.

Baca: Penelitian Terbaru Sebut Aplikasi Ponsel Kini Bisa Membantu Menaklukkan Fobia Ketinggian

Meski begitu, secara keseluruhan Aji mengatakan bahwa Pertiwi dalam kondisi yang normal.

Proses evakuasi yang dilakukan pada hari Rabu (20/3/2019) ini dilakukan setelah tim mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai temuan orangutan sehari sebelumnya. Setelah dilakukan pengecekan, tim justru menemukan beberapa sarang baru di lokasi, dan salah satu sarang tersebut terdapat Pertiwi.

Baca: Selamatkan Seekor Kucing di Atas Tiang Listrik, Pria Ini Diskors Kantor Akibat Aksinya

Berdasarkan hasil pemeriksaan, berat Pertiwi hanya lima kilogram dan mengalami malagizi. Tim pun memutuskan bahwa Pertiwi dalam keadaan yang tidak layak untuk dilepasliarkan dan harus menjalani pemeriksaan lanjutan di pusat karantina orangutan sumatera milik SOCP di Sibolangit, Sumatera Utara.

Artikel ini tayang pada National Geographic Indonesia dengan judul : Anakan Orangutan Dievakuasi, Lokasinya Tidak Jauh dari Orangutan yang Ditembak 74 Peluru

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved