Breaking News:

Ikrar 'Aku Siap Netral', PNS di Lingkungan MPU Aceh Siap Jaga Netralitas dalam Pemilu

Pembacaan ikrar ini dilaksanakan di depan aula serbaguna Tgk Abdullah Ujong Rimba MPU Aceh, Senin (25/3/2019) siang

Penulis: Subur Dani
Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
PNS di lingkungan Sekretariat MPU Aceh membacakan ikrar aku siap netral (ASN) di kompleks gedung MPU Aceh di Aceh Besar, Senin (25/3/2019) 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh   

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 40 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, membacakan ikrar 'aku siap netral' (ASN) dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. 

Pembacaan ikrar ini dilaksanakan di depan aula serbaguna Tgk Abdullah Ujong Rimba MPU Aceh, Senin (25/3/2019) siang.

Ikrar ASN dibacakan oleh Kepala Sub Bagian Komunikasi Publik Sekretariat MPU, Rufaidah SAg MSi, yang diikuti seluruh PNS di sekretariat MPU Aceh.

Baca: Darwati A Gani Hadir di Ruang Sidang Irwandi Yusuf

Dalam ikrar itu, para PNS berjanji, tetap konsisten menjaga netralitas dengan tidak membuat keputusan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu tertentu.

Tak hanya itu, disebutkan pula PNS di Sekretariat MPU Aceh tidak mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah kampanye. 

“Tidak menggunakan fasilitas maupun anggaran pemerintah daerah bagi kepentingan kampanye peserta pemilu tertentu,” seru seluruh PNS saat membacakan ikrar ASN.

Pada kesempatan itu, Kepala Sekretariat MPU Aceh, Dr H Syukri Bin Muhammad Yusuf MA menginstruksikan kepada seluruh jajaran di lingkungannya untuk bersikap netral pada pemilu 2019 kali ini. 

Baca: Sisihkan Gajinya Bagi Siswa Miskin, Guru Terbaik di Dunia Menang Hadiah Rp 14,2 Miliar

“Ini suatu keharusan sebagai ASN untuk harus netral, dan ini bukan untuk kita saja. Tapi untuk semua instansi pemerintah, untuk semua instansi yang ada di negeri ini agar menjaga kenetralan, untuk membuktikan bahwa kita netral maka perlu ikrar,” jelasnya.

Dia juga mengimbau agar ikrar ini tidak hanya semata-mata untuk diucapkan, tapi juga harus bisa dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat. 

Dalam poin ikrar ASN tersebut juga ditegaskan bahwa PNS ikut bersinergi dengan Panwaslih Aceh dalam mendorong penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil, dan bermartabat di lingkungan secretariat MPU Aceh. 

Baca: Surat Anies Baswedan Tuai Pujian, Ucapkan Terima Kasih Kepada Pekerja Pembangunan MRT Jakarta

"Juga tidak menyebarkan ujaran kebencian berita yang tidak jelas (fitnah dan hoaks) yang dapat menguntungkan atau merugikan peserta pemilu," katanya.

Usai pengucapan ikrar ASN, seluruh PNS di lingkungan Sekretariat MPU Aceh membubuhi tanda tangan pada spanduk ikrar 'aku siap netral', yang diawali oleh Kepala Sekretariat, dilanjutkan oleh Kabag, Kasubbag, hingga Staf Sekretariat MPU Aceh. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved