Panwaslucam Langsa Barat Kukuhkan 94 PTPS

Panwaslucam Langsa Barat, Senin (25/3/2019) mengukuhkan 94 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kecamatan tersebut.

Panwaslucam Langsa Barat Kukuhkan 94 PTPS
ANTARA/ADENG BUSTOMI
Sejumlah petugas melipat surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Langsa Barat, Senin (25/3/2019) mengukuhkan 94 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Langsa Barat, di aula Kantor Keuchik Gampong Matang Seulimeng.

Pelantikan dihadiri Komisioner Panwaslucam Langsa Barat, Muhammad Rizal, M Reza SSosI, Heriadi, Sekcam Langsa Barat, Zaldy Sofyan, Keuchik Matang Seulimeng, Zufri Isnaini, dan undangan lainnya.

Ketua Panwaslucam Langsa Barat, Muhammad Rizal, mengatakan keberadaan petugas PTPS sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung  17 April 2019 mendatang. 

Menurutnya, PTPS merupakan ujung tombak Bawaslu, karena pada saat berlangsungnya pemungutan suara nantinya, PTPS akan berada langsung di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga dituntut untuk netral.

"PTPS dipercaya sebagai penyelenggara pemilu yang harus membuktikan diri serta menjadi bagian yang ikut menentukan pelaksanaan pemilu berjalan secara damai jujur dan bermartabat," sebutnya.

PTPS bisa melakukan pengawasan mulai dari tahap persiapan pemungutan suara, sampai dengan perhitungan suara.

 Apabila ada terjadi perbedaan pendapat antara petugas KPPS dengan saksi parpol, maka wajib bagi KPPS meminta  petuah dan rekomendasi pengawas TPS.

"Apabika terjadi silang pendapat,  PTPS harus memberikan rekomendasi sesuai ketentuan Bawaslu. Untuk itu petugas PTPS haruslah pintar, tegas, serta mampu menyelesaikan jika ada permasalahan di TPS," imbuhnya.(*)

Baca: KIP Pijay Imbau Caleg, Timses dan Simpatisan tak Lakukan Provokasi saat Kampaye

Baca: ASN Simeulue Ikrarkan ‘Aku Siap Netral’

Baca: Jelang Pemilu, Kapolda Aceh Keluarkan Empat Imbauan

Baca: Ibu Muda di Langsa Ditemukan Meninggal Tergantung di Kamar, Anaknya Tertidur di Bawah

Penulis: Zubir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved