Listrik Sering Mati Saat Maghrib, Ini Alasan PLN Subulussalam

Lebih dari itu, jika pemadaman terencana, kata Imam proses pemulihan dilakukan sebelum maghrib tiba

Listrik Sering Mati Saat Maghrib, Ini Alasan PLN Subulussalam
Serambi
Jaringan dan Tiang PLN Cabang Subulussalam rusak akibat ditimpa pohon dan tanah longsor setelah diguyur hujan disertai angin kencang, Senin (18/6/2018) lalu . (SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN) 

Laporan Khalidin I Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Kondisi pemadaman listrik di Kota Subulussalam akhir-akhir ini kerap memicu kemarahan warga di sana. Apalagi, pemadaman sering terjadi saat detik-detik menjelang Shalat Maghrib, sehingga sebagain berasumsi negatif hingga memunculkan berbagai kecaman terutama di media sosial facebook.

Baca: Hujan Lebat dan Angin Kencang Terjang Woyla Timur Aceh Barat, Pohon Durian Tumbang ke Jalan

Imam, seorang petugas PLN Area Subulussalam yang dikonfirmasi Serambinews.com, Rabu (27/3/2019), menegaskan pemadaman itu bukan mereka disengaja, tetapi akibat gangguan dan sifatnya temporer.

Imam mengaku pemadaman bukan karena peralihan sistem timur dari Gardu Induk (GI) Sidikalang, Dairi Sumatera Utara, ke sistem Barat atau PLTD Rimo Gunung Meriah.

Baca: Sering Terjadi Kecelakaan, Sejumlah Lubang di Jalan Provinsi Keunire Dicor

Sebab, jika ada hal ini biasanya lantaran ada pekerjaan. Lebih dari itu, jika pemadaman terencana, kata Imam proses pemulihan dilakukan sebelum maghrib tiba. Oleh karena itu, pemadaman ini dipastikan akibat gangguan alam semata, seperti pohon tumbang dan menimpa jaringan, jaringan tersentuh binatang maupun gangguan lainnya.

Imam menambahkan para pekerja yang membidangi masalah gangguan sudah berupaya meningkatkan kendala tersebut agar jaringan listrik di sana bisa membaik, namun hal ini menurut Imam kadang sulit dihindari.

Baca: BREAKING NEWS - Tiga Warga Teunom Aceh Jaya Disambar Petir, Dua Orang Meninggal

Imam pun berharap agar ke depan sistem jaringan listrik di sana bisa tetap handal.

Sebelumnya, sejumlah warga kerap memprotes sering terjadinya pemadaman terutama menjelang malam atau tepat saat azan maghrib tiba. Kejengkelan atau kemarahan warga diluapkan dalam status facebook mereka dan tak sedikit mengeluarkan kata-kata yang tak pantas.

Selain itu beberapa warga juga menghubungi wartawan agar bisa mengklarifikasi ke PLN terkait persoalan listrik di sana. Banyak warga berasumsi negatif sebab listrik sering padam justru saat mau magrib. (*)

Penulis: Khalidin
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved