Gandeng Unsyiah, Pemerintah Aceh Lakukan Kerja Sama Bidang Transportasi Hingga Riset Kebencanaan

Kolaborasi itu mencakup penandatanganan nota kesepahaman antara Dishub Aceh dengan Fakultas Teknik Unsyiah, tentang pengembangan sistem transportasi c

Gandeng Unsyiah, Pemerintah Aceh Lakukan Kerja Sama Bidang Transportasi Hingga Riset Kebencanaan
SERAMBINEWS.COM/EDDY FITRIADY
Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT menyampaikan sambutan di hadapan Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng beserta pimpinan universitas lainnya di Gedung Rektorat, Jumat (29/3/2019). Kegiatan itu berupa penandatanganan nota kesepahaman dan kontrak tentang transportasi dan kebencanaan. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui dua SKPA-nya yaitu Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menggandeng Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam kerja sama pendidikan hingga riset kebencanaan. 

Kolaborasi itu mencakup penandatanganan nota kesepahaman antara Dishub Aceh dengan Fakultas Teknik Unsyiah, tentang pengembangan sistem transportasi cerdas dan aman. 

Selain itu penandatanganan kontrak swakelola antara BPBA dengan Tsunami Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah, dengan nilai kontrak Rp 3.448.000.000.

Penandatanganan MoA dan kontrak berlangsung di Gedung Rektorat Unsyiah, Banda Aceh, Jumat (29/3/2019). Prosesi itu dihadiri Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Kepala Pelaksana BPBA, T Ahmad Dadek SH, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi ST MT, Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng, dan pejabat terkait lainnya.

Rektor Unsyiah dalam sambutannya berharap pihaknya dapat berkontribusi lebih banyak dalam mendukung upaya Pemerintah membangun Aceh yang bermartabat, dengan kualitas hidup masyarakatnya yang jauh lebih baik.

Baca: Transportasi Online di Subulussalam belum ada Aplikasi, Begini Cara Kerjanya

Baca: UMMA, Transportasi Online Khusus Perempuan di Banda Aceh, Unduh Aplikasinya di Google PlayStore

Baca: Biar tak Jadi Penonton di Daerah Sendiri, Pemerintah Aceh Minta Kontraktor Tingkatkan Kualitas Kerja

“Kami terus mengembangkan diri dan juga berkomitmen untuk melaksanakanan riset-riset aplikatif dalam rangka mencari solusi atas persoalan atau isu-isu pembangunan di Aceh,” ujar Prof Samsul.

Sementara Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT secara khusus mendukung kerja sama antara BPBA dan Unsyiah. Unsyiah, lanjutnya, memiliki Prodi Kebencanaan yang sangat aktif menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga kebencanaan internasional.

Sehingga riset kebencanaannya sering mendapat pengakuan internasional. Di samping itu, Unsyiah juga merupakan mitra kerja Badan Penanggulangan Bencana Nasional untuk riset-riset di bidang kebencanaan.

“Kami berharap dari kerja sama ini akan lahir sejumlah kebijakan yang efektif ke depan. Dengan demikian, setiap langkah penanggulangan bencana di daerah kita ini berjalan terencana, terukur, sistematis dan berdaya guna bagi masyarakat,” kata Plt Gubernur. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved