Ibu Pembunuh Anak Dikenakan Pasal Pembunuhan Berencana

Penyidik Kepolisian Resor (Polres) Langsa membidik SY (22) dengan pasal pembunuhan berencana setelah wanita

Ibu Pembunuh Anak Dikenakan Pasal Pembunuhan Berencana
SERAMBI/ZUBIR
KAPOLRES Langsa, AKBP Ansy Hermawan, didampingi Kasat Reskrim, Iptu Agung Wijaya Kusuma, saat menggelar konfrensi pers kasus ibu bunuh anak kandung, di aula mapolres setempat, Kamis (28/3). 

LANGSA - Penyidik Kepolisian Resor (Polres) Langsa membidik SY (22) dengan pasal pembunuhan berencana setelah wanita tersebut ditetapkan sebagai tersangka pembunuh anak kandungnya yang masih berumur satu tahun. Delik pembunuhan berencana ini ancaman hukumannya adalah pidana maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Terhadap SY, penyidik Polres Langsa menerapkan Pasal 340 juncto Pasal 338 KUHPidana sub Pasal 80 ayat (3) dan ayat (4) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. “Ia ditetapkan sebagai tersangka tunggal pembunuhan anak kandungnya itu,” kata Kapolres Langsa, AKBP Ansy Hermawan SIK MSc, didampingi Kasat Reskrim, Iptu Agung Wijaya Kusuma SIK, saat menggelar konferenai pers di aula mapolres setempat, Kamis (28/3).

AKBP Andy Hermawan merinci bahwa pada Pasal 340 KUHP disebutkan bahwa barang siapa dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hifup atau selama waktu tertentu atau penjara selama 20 tahun.

Pada Pasal 338 disebutkan, barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.

Pada Pasal 80 ayat (3) disebutkan, dalam hal anak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mati, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun/atau denda paling banyak Rp 3 miliar.

Pada ayat (4) pasal ini disebutkan, pidana ditambah sepertiga dari ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) apabila yang melakukan penganiayaan tersebut orang tuanya.

Di hadapan awak media cetak dan elektronik, Kapolres Langsa juga memperlihatkan barang bukti (BB) berupa handuk dan foto korban, ikut juga dihadirkan tersangka SY yang memakai baju tahanan warna orange.

Saat Kapolres menanyakan kepada SY mengapa dia setega itu membunuh anaknya, terlihat SY meneteskan air matanya sambil menjawab sangat menyesali perbuatannya itu.

Dalam rilisnya, Kapolres Langsa mengatakan, Rabu (27/3/2019) sekitar pukul 09.00 WIB Tim Resmob mendapat informasi tentang Tindak Pidana Pembunuhan Berencana. Kemudian dilakukan penyelidikan dan ternyata pelakunya adalah SY yang tak lain adalah ibu kandung korban.

Lalu, SY diamankan ke Mapolres Langsa untuk diinterogasi. Tersangka SY mengakui dirinyalah pelaku tunggal dalam kasus itu. Menurutnya, pada saat ia memandikan korban tiba-tiba tersangka SY merasa kesal terhadap suaminya, karena selama ini suaminya tak mau bekerja mencari nafkah.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved