Kera Serang Ulee Gle

Puluhan ekor kera menyerang Gampong Ulee Gle, Kecamatan Bandarudua, Pidie Jaya dengan sasaran tanaman

Kera Serang Ulee Gle
Mirror
Ilustrasi sekelompok monyet 

* Tanaman Warga Jadi Sasaran

MEUREUDU - Puluhan ekor kera menyerang Gampong Ulee Gle, Kecamatan Bandarudua, Pidie Jaya dengan sasaran tanaman warga. Kondisi itu sudah terjadi sekitar 1,5 bulan, tetapi belum ada tindakan dari pemerintah untuk mencegah binatang itu masuk perkampungan.

Dilaporkan, masyarakat yang sudah diresahkan dengan serangan kera itu mulai marah dan mengancam akan menembak mati dengan senapan angin. Setiap hari, kera yang jumlahnya puluhan ekor berpencar dan berkelompok, antara tiga sampai empat ekor saat menyerang tanaman warga.

Beberapa warga memiliki rencana untuk menembak dengan senapan angin, seperti dilaporkan Sahlan Hanafiah dan Manasyah Putra, dua warga Ulee Gle, pada Rabu (27/3). Keduanya mengaku sudah berupaya memberi pemahaman kepada warga, supaya binatang tersebut tidak ditembak, tetapi diusir dengan cara lain.

Sahlan berharap pemerintah atau dinas terkait agar mencari solusi untuk menyelamatkan tanaman warga. “Agar tidak terus-menerus rugi, warga minta perhatian pemkab,” harap Sahlan. Tanaman yang jadi sasaran kera, antara lain tanaman jagung, pisang, mangga, buah naga serta beberapa komoditi lainnya.

Beberapa warga Gampong Ulee Gle yang ditemui di Keude Ulee Gle pada Selasa (26/3) dan Rabu (27/3) menyatakan mereka resah dengan banyaknya kera di desa yang mengganggu tanaman. Muhammad Taib dan Ridwan Ahmad ,dua warga Gampong Ulee Gle menyatakan binatang berbulu tebal dan hitam itu terus mencari makanan setiap hari, terutama tanaman warga.

Dikatakan, tidak hanya siang, pada malam hari juga terkadang secara bergerombolan binatang itu muncul. Hal senada juga diungkapkan oleh Safwanuddin, Keuchik Gampong Ulee Gle. “Sudah setengah bulan warga resah, karena semua jenis buah-buahan habis dimakan kera,” katanya.

Sementara, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Bandardua, Abdul Wahab SP juga membenarkan warga Gampong Ulee Gle dan sekitarnya resah dengan serangan kera. Dia mengatakan binatang tersebut juga memakan padi petani yang berada di sepanjang perbukitan. “Tanaman padi saya juga diganggu kera,” kata Wahab.

Camat Bandardua, Badruddin Husen menyatakan prihatin dengan banyaknya tanaman warga yang dimakan kera. Dia berharap pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dapat menurunkan tim untuk mengusir kera ke habitatnya dan tidak menyerang tanaman warga lagi.(ag)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved