Kebun Warga Terbakar

Sekitar empat hektare kebun warga Gampong Suka Jadi Makmur, Kecamatan Langsa Baro, Jumat (29/3) siang terbakar hebat

SERAMBI/ZUBIR
Petugas pemadam BPBD Langsa, Jumat (29/3) saat melakukan pemadaman lahan pwetanian warga Gampong Suka Jadi Makmur, Kecamatan Langsa Baro.SERAMBI/ZUBIR 

* BPBD Langsa Kerahkan Tiga Damkar

LANGSA - Sekitar empat hektare kebun warga Gampong Suka Jadi Makmur, Kecamatan Langsa Baro, Jumat (29/3) siang terbakar hebat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa langsung mengerahkan enam unit mobil pemadam kebakaran, bersama puluhan petugas, tetapi mengalami kesulitan, karena api juga berkobar di dalam jurang.

Kebakaran lahan tersebut diduga akibat cuaca panas yang melanda daerah ini sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Langsa, Ali Mustafa, mengatakan pihaknya mendapat laporan kebakaran lahan pertanian yang berada di Gampong Suka Jadi Makmur tersebut dari masyarakat sekitar pukul 11.30 WIB.

“Kami langsung mengerahkan puluhan petugas dengan tiga unit damkar, satu mobil TRC, dan 2 unit mobil tangki air untuk memadamkan kobaran api,” ujarnya.

Dia mengaku masih berada di lokasi kebakaran sampai Jumat (29/3) sore untuk melakukan pemadaman api di lahan warga yang terbakar dengan luas sekitar empat hektare.

Dia menambahkan, untuk melakukan pemadaman lahan kebun warga, BPBD Kota Langsa menurunkan petugas dari 3 pos yakni Pemadam Kota, Pemadam Barat dan Pemadam Timur.

Dia mengakui proses pemadaman mengalami kendala, karena sebagian posisi titik api berada di dalam jurang, serta sebagian jauh dari jalan utama.

Ali Mustafa menduga, kebakaran lahan itu akibat teriknya matahari yang cukup panas, apalagi di sebagian lahan ada tumbuhan ilalang kering yang mudah memicu kebakaran.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved